PENYULUHAN : Petugas Promkes dari Puskesmas Mampang ketika memberikan penyuluhan kepada anak melalui, dongeng disalah satu Posyandu di Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoranmas. FOTO : GERARD SOEHARLY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, MAMPANG – Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Mampang melakulan terobosan baru dalam mempromosikan kesehatan. Sejak April 2022, mereka melakukan penyuluhan ke posyandu-posyandu dengan cara memberikan dongeng kepada anak-anak.

“Tujuannya adalah karena dengan mendongeng anak-anak akan dapat lebih mudah menyerap informasi dan pengetahuan kesehatan yang diberikan oleh petugas Puskesmas,” kata kepala Puskesmas Mampang, Winarni Naweng Triwulandari kepada Radar Depok, Senin (16/05).

Naweng-sapaan akrabnya-menerangkan, setiap bulan topik dongeng akan berbeda-beda. Biasanya, akan menyesuaikan dengan kebutuhan atau peringatan hari besar kesehatan.

“Topik di bulan April adalah mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun serta menggunakan masker yang benar, topik di bulan Mei adalah makan buah dan sayur setiap hari,” jelasnya.

Menurut dia, penyuluhan kesehatan lewat dongeng itu sangat efektif. Hal tersebut dibuktikan dengan antusias dari Bayi dibawah Lima Tahun (Balita) beserta para orangtua yang kerap melontarkan pertanyaan.

“Ada 16 Posyandu di Kelurahan Mampang dan kegiatan mendongeng itu dilakukan di 16 posyandu,” tutur Naweng.

Lebih dalam, beber Naweng, dalam waktu dekat ini mereka akan mengadakan penyuluhan terkait penyakit hepatitis yang masih misterius.

“Insya Allah pekan depan kami akan buat mengenai hepatitis¬† yang misterius itu,” tutupnya. (rd/ger)

 

Jurnalis : Gerard Soeharly

Editor : Pebri Mulya