Anggota DPRD Jawa Barat, Rizki Apriwijaya (kiri) saat memberikan bantuan kepada komunitas di Sungai Pesanggrahan. Istimewa

RADARDEPOK.COM – Pemerintah kabupaten/kota harus jeli menangkap potensi yang dimiliki di wilayahnya. Untuk itu, Anggota DPRD Jawa Barat, Rizki Apriwijaya menyarankan agar dinas terkait dapat berkolaborasi dengan organisasi kepemudaan (Okp) yang ada.

Politikus milenial Partai Gerindra ini mencontohkan, di Kota Depok memiliki potensi wisata sungai dan situ. Potensi ini, kata dia, harus dikuatkan dengan intevensi anggaran dari APBD Kota Depok dan melibatkan unsur kepemudaan untuk pengembangannya.

“Situ di Depok sudah ada yang dikelola untuk dijadikan destinasi wisata. Sementara, untuk sungai baru di Ciliwung dan Pesanggrahan. Namun, hal ini belum massif,” kata Rizki Apriwijaya.

Rizki Apriwijaya mengungkapkan, beberapa waktu lalu, dia terjun langsung memantau kondisi di Sungai Pesanggrahan, di mana ada kelompok pemuda atau komunitas yang concern untuk upaya pelestarian.

“Tidak hanya pelestarian dan menjaga kebersihan sungai dari sampah. Tapi, mereka juga memiliki impian agar Sungai Pesanggrahan menjadi destinasi wisata air,” ungkap Rizki Apriwijaya.

Karenanya, sambung Rizki Apriwijaya, Pemkot Depok perlu mengakomodir dan melakukan intervensi APBD untuk mewujudkan destinasi wisata air di Sungai Pesanggrahan, dan tentunya melibatkan warga dan pemuda setempat.

“Warga dan pemuda harus dilibatkan, karena banyak manfaat yang nantinya akan didapat,” sambungnya,

Rizki Apriwijaya melanjutkan, warga dan pemuda setempat bisa dilatih, tujuannya supaya dapat meningkatkan pemberdayaan sekaligus perekonomian mereka. Sementara, di sisi lainnya Sungai Pesanggrahan menjadi lestari serta dapat menjadi destinasi wisata air yang menarik di Kota Depok.

Di samping bertujuan meningkatkan pemberdayaan dan perekonomian warga, Pemkot Depok juga diharapkan memfasilitasi hingga mendukung pemasaran hasil produk warganya.

“Dorongan agar masyarakat bisa berkembang melalui UMKM, nantinya ketika destinasi wisata Sungai Pesanggrahan berkembang, dapat menjadi momentum yang baik bagi warga untuk meningkatkan perekonomian mereka juga,” pungkas Rizki Apriwijaya. (cky)

Editor : Ricky Juliansyah