kostrad
TONGKAT ESTAFET : Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak sedang melakukan pelantikan Pangdivif 1 Kostrad, dari Mayje TNI Dedy Kusmayadi ke Brigjen TNI Bobby Rinal Makmun. INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pangkostrad, Letjen Maruli Simanjuntak, memimpin langsung upacara Sertijab Panglima Divisi Infanteri (Divif) 1 Kostrad dari Mayjen Dedy Kusmayadi kepada Brigjen Bobby Rinal Makmun, di Markas Divif 1 Kostrad, Cilodong, Selasa (17/5).

Sebelumnya, Brigjen Bobby menjabat sebagai Kasdam Jaya, sedangkan Mayjen Dedy akan masuki masa pensiun.

Letjen Maruli menghaturkan terima kasih dan penghargaan kepada Mayjen Dedy, atas dedikasi dan pengabdian, serta kerja kerasnya selama menjabat sebagai Panglima Divisi Infanteri 1 Kostrad sehingga pelaksanaan tugas Divif 1 Kostrad dapat terlaksana dengan baik, lancar dan sukses.

Ucapan yang sama saya sampaikan kepada Nyonya Dedy Kusmayadi yang setia mendampingi suami dalam mengemban tugas selama ini, untuk membina Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Divisi Infanteri 1 Kostrad,” ucap Pangkostrad tersebut, Selasa (17/5).

Pangkostrad menjelaskan jika proses alih tugas dan jabatan merupakan hal yang alami terjadi di lingkungan Kostrad, sebagai bagian dari sistem pembinaan personel dalam rangka pengembangan kemampuan manajemen dan kepemimpinan serta penyegaran tugas bagi personel yang bersangkutan, sehingga diharapkan kinerja organisasi selalu dapat terpelihara dengan baik.

Melalui tour of duty dan tour of area, diharapkan proses kaderisasi dan regenerasi kepemimpinan dapat berjalan dengan wajar sesuai tuntutan dan kebutuhan organisasi,” ucapnya.

Dia mengungkapkan, pembinaan satuan membutuhkan perhatian yang penuh agar upaya menjadikan Prajurit Kostrad yang profesional, terlatih dan loyal dapat terwujud. Oleh karena itu, seluruh prajurit Divisi Infanteri 1 Kostrad agar senantiasa mengasah diri dalam olah keprajuritan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit di satuan.

Seluruh prajurit Kostrad harus memahami benar tentang kemampuan Kostrad yang senantiasa berbuat dan bekerja dengan lebih keras, lebih cerdas dan dilandasi dengan keikhlasan sehingga menjadi profesional dalam melaksanakan tugas pokok, terlatih dalam kemampuan dan keterampilan prajurit serta loyal kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” bebernya.

Pangkostrad menginginkan setiap satuan menghidupkan kembali tradisi satuan yang dapat membangun semangat prajurit tanpa ada kekerasan yang dapat menimbulkan korban.

Untuk diketahui, selain pelaksanaan Sertijab Pangdivif 1 Kostrad, Pangkostrad juga menyerahkan jabatan Pamen Ahli Bidang Ilpengtek Staf Ahli Pangkostrad kepada Kolonel Inf Zunan Muchdlori dan pelaksanaan tradisi korps prajurit Kostrad diantaranya Pamen Ahli Bidang Ham dan Humaniter Staf Ahli Pangkostrad Kolonel Inf Clement Haposan P. Siahaan dan Waasren Kostrad Kolonel Inf Tato Hadiyan

Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya para pejabat Kostrad, para pejabat Divif 1 Kostrad, Pangdam Jaya, Pangdam III/SLW, Pangdivif 2 dan 3 Kostrad, Danjen Kopassus, Pangkolinlamil, Pangarmabar, Dankormar, Pangkoop AU 1, Danlanud Halim PK, Danwing 1 Koops AU 1 Halim PK, Dankorps Brimob, Muspida Depok, Muspida Kabupaten Bogor, Komandan Satuan jajaran Divif 1 Kostrad, Ketua dan Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PG Kostrad serta Persit KCK Koorcab Divif 1 PG Kostrad. (rd/dra)

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Junior Williandro