Shesar Hiren Rhustavito

RADARDEPOK.COM – Indonesia melaju ke final Piala Thomas 2022 usai mengalahkan Jepang 3-2 pada semifinal di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Jumat (13/5) malam WIB. Shesar Hiren Rhustavito menjadi penentu kemenangan dengan menumbangkan Kodai Naraoka. Shesar Hiren Rhustavito, berhasil memastikan kemenangan Indonesia atas Jepang. Vito –sapaan Shesar- menghajar Kodai Naraoka di partai kelima dengan skor 21-17 dan 21-11 dalam waktu 42 menit.

Dua poin lainnya disumbangkan Anthony Sinisuka Ginting dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Mohammad Ahsan, yang masing-masing mengalahkan Kento Momota dan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi. Sementara kekalahan dialami oleh Jonatan Christie dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang ditumbangkan Kenta Nishimoto dan Akira Koga/Yuta Watanabe. Dengan begitu, Indonesia memastikan diri lolos ke laga final Piala Thomas 2022. Mereka akan menghadapi India di partai pamungkas, yang menyingkirkan Denmark di semifinal dengan skor 3-2.

Bermain di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Jumat (13/5/2022) malam WIB, Vito tampil gemilang sejak awal pertandingan. Dia langsung mengambil inisiati menyerang dan memimpin 6-2. Terus menekan, pemain kelahiran Sukoharjo itu mendulang poin demi poin dengan mudah. Dia pun unggul 11-2 pada interval gim kedua atas Naraoka.

Selepas jeda, Vito nampak terlalu bersantai dengan keunggulannya. Dia berkali-kali melakukan kesalahan di depan net yang membuat Naraoka memangkas jarak menjadi 9-15. Setelah itu, sang wakil Merah-Putih justru terbawa dengan permainan Naraoka. Bahkan, sang lawan yang lebih muda delapan tahun darinya itu bisa memepetnya di angka 15-18. Untungnya, serangan pemain ranking 24 dunia itu cukup efektif pada poin-poin kritis hingga bisa menginjak angka 20 lebih dulu. Keberuntungan pun kembali didapat Vito sesudah itu, service Naraoka menyangkut di net sehingga dia menutup gim pertama dengan kemenangan 21-17.

Pada gim kedua, Vito kembali memulainya dengan baik. Dia memegang kendali permainan dan langsung menjauh dengan skor 7-2. Variasi serangan dropshot dan smash dari Vito sukses membuat Naraoka kocar-kacir. Pemain yang belum pernah kalah di Piala Thomas itu pun unggul 11-4 pada interval gim kedua. Usai rehat, pemain berusia 28 tahun itu terus menjauh dari kejaran Naraoka. Dia tanpa kesulitan mendapatkan poin tambahan untuk memimpin 17-7.

Dominasi Vito pun tak terbendung lagi setelah itu. Dia mengamankan kemenangan pada gim kedua dengan skor 21-11.(net/rd)