pelatih indonesia di india
Pelatih ganda putra India yang berasal dari Indonesia.

RADARDEPOK.COM – Kesuksesan tim bulu tangkis India juara Piala Thomas 2022 ternyata tidak terlepas dari sentuhan pelatih Indonesia. Tim bulu tangkis putra India membuat sejarah mengejutkan dengan menjuarai Piala Thomas 2022 usai menaklukkan juara bertahan Indonesia dengan skor telak 3-0 dalam final di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Minggu (15/5/2022).

Tahukah, sukses India menjuarai Piala Thomas 2022 ternyata ada campur tangan pelatih Indonesia. Dari nama Mulyo Handoyo hingga Flandy Limpele adalah pelatih bertangan dingin yang menyulap para pemain bulu tangkis India menjadi hebat.

Flandy Limpele, pelatih spesialis ganda itu yang memoles ganda terkuat India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty sampai akhirnya berperingkat delapan dunia ikut menyumbangkan angka kemenangan buat India atas Indonesia di final.

Duet Rankireddy/Shetty memberi kemenangan India saat menaklukkan pasangan dadakan Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo di laga kedua final dengan skor 21-18, 21-23, 19-21.

Selain Flandy Limpele, ada nama Mulyo Handoyo yang sempat melatih Taufik Hidayat. Flandy ikut berperan atas kemajuan pesat tunggal putra India, yakni Kidambi Srikanth, Sai Praneeth, dan HS Prannoy. Mulyo Handoyo pertama kali memoles ketiga tunggal India tersebut pada 2017.

Baca juga : Timnas Indonesia U-23 Melesat ke Semifinal Sea Games 2021 Usai Menang 3-1 atas Myanmar

Tapi pelatih Taufik Hidayat itu pergi dari India pada 2018 sebelum kontraknya berakhir. Setelah Mulyo Handoyo pergi, datanglah Flandy Limpele pada 2019 yang dipercaya memoles ganda putra.

Setelah Flandy Limpele hengkang ke Malaysia, nama mantan pelatih Indonesia, Agus Dwi Santoso datang ke India. Agus dipercaya melatih pemain India termasuk Kidambi Srikanth hingga Oktober 2021. Agus juga turut membangun skill pemain India menghadapi Olimpiade Tokyo 2020. Namun, Agus Dwi Santoso juga hengkang dari India.

Kini, Agus Dwi Santoso melatih Thailand. Sedangkan Flandy Limpele kini kembali ke tanah air menjadi pelatih di Pelatnas Bulu Tangkis Indonesia. Flandy Limpele mendapat tugas melatih ganda campuran Indonesia.

Ada juga nama Dwi Kristian yang menjadi sparring pemain India sekaligus melatih ganda campuran India. Selain Dwi Kristian ada juga Namrih Suroto yang bertanggung jawab di ganda putra. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya