timnas indonesia ke semifinal
Timnas Indonesia U-23 maju ke Semi Final Sea Games 2022.

RADARDEPOK.COM – Timnas Indonesia U-23 memastikan diri lolos ke semifinal SEA Games 2021 usai menang 3-1 atas Timnas Myanmar U-23.

Di Viet Tri Stadium, Phu Tho, Vietnam, Minggu (15/05), di babak pertama Indonesia langsung memborong tiga gol. Gol itu dikemas oleh Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, dan Marselino Ferdinan. Myanmar sekali membukukan gol dari Win Naing Tun pada babak kedua.

Raihan tiga poin tersebut membuat Indonesia untuk sementara memuncaki klasemen SEA Games 2021 Grup A dengan raihan total sembilan poin. Indonesia lolos ke semifinal, menunggu hasil laga Vietnam dengan Timor Leste yang akan dimainkan pada pukul 19.00 WIB, untuk memastikan status di Grup A.

Myanmar finis ketiga di klasemen Grup A SEA Games 2021. Mereka membukukan sebanyak enam poin hasil dari empat kali bermain.

Proses Pertandingan

Indonesia mampu mencetak tiga gol pada babak pertama. Tim asuhan Shin Tae-yong menjebol gawang Myanmar pada menit keenam. Egy Maulana Vikri yang menjaringkan bola.

Baca juga : Kalahkan Indonesia 3-0, India Juara Thomas Cup 2022

Empat menit berselang, giliran Witan Sulaeman yang mencatatkan namanya di papan skor untuk Indonesia. Dia meneruskan umpan tumit Ricky Kambuaya.

Gol ketiga Indonesia dibukukan oleh Marselino Ferdinan menjelang turun minum. Meneruskan sapuan pemain belakang Myanmar saat mengantisipasi tendangan sudut, Marselino melepaskan tendangan first time untuk menambah gol.

Indonesia baru melepaskan tembakan pertama pada babak kedua di menit ke-62. Sepakan jarak jauh dari Alfeandra Dewangga masih melenceng.

Aung Kaung Man mengancam gawang Indonesia. Bola sepakannya tak lengket di tangan Ernando Ari Sutaryadi menit ke-63, nyaris masuk ke gawang.

Gawang Indonesia akhirnya bobol pada menit ke-66, Win Naing Tun melepaskan gerak tipu, bisa membuat Dewangga terpeleset. Tendangannya mengenai Rizky Ridho hingga masuk ke gawang. Skor berubah menjadi 3-1.

Marselino membuang peluang pada menit ke-68. Berdiri bebas, sepakannya bisa diblok pemain belakang Myanmar.

Shin tae-yong melakukan pergantian pemain pada menit ke-69. Rachmat Irianto dimasukkan menggantikan Ricky Kambuaya, Syahrian Abimanyu diberi jalan oleh Marselino.

Irdan Jauhari membuang peluang lagi pada menit ke-76. Dia gagal memanfaatkan umpan silang dari sayap kanan untuk menjadi gol.

Peluang Indonesia pada menit ke-88 kembali terbuang. Sepakan Ronaldo Kwateh dari muka gawang melesat jauh.

Ernando melakukan penyelamatan gemilang pada masa injury time! tembakan Aung Kaung Mann bisa ditepis hingga gagal masuk ke gawang.

Di sisa pertandingan tak ada gol tambahan lagi, Indonesia menang 3-1 sekaligus mengamankan tempat di semifinal. (rd/net)

Susunan Pemain

Indonesia: 20 Ernando, 2 Alfeandra Dewangga, 5 Rizky Ridho, 19 Fachruddin, 14 Asnawi, 6 Klok, 7 Marselino (17 Abimanyu 69), 15 Kambuaya (13 Irianto 69), 8 Witan, 10 Egy Maulana, 18 Irfan Jauhari (Ronaldo 80)

Myanmar: 1 Pyae Phyo Thu, 3 Hein Zeyar Lin, 5 Thet Hien Soe, 4 Soe Mie Kyaw, 14 Ye Lin Thet (11 MG MG Lwin 12), 15 Aung Wunna Soe, 20 Zaw Win Thien, 7 Lwin Moe Aung, 8 Myat Kaung Khant, 9 Htet Phyoe, 10 Win Naing Tun.

 

Editor : Pebri Mulya