DIAJARKAN : Sebanyak 24 kader posyandu dari 12 RW mendapatkan pelatihan penggunaan laptop yang digelar di Aula Kelurahan Meruyung, Limo Kota Depok, Kamis (23/6). ISTIMEWA

RADARDEPOK.COM – Kader Posyandu di Kelurahan Meruyung, Limo Kota Depok sepertinya bakal lincah berselancar saat menggunakan laptop. Kamis (23/6), sedikitnya 24 kader dari 12 RW mendapatkan pelatihan penggunaan laptop. Ilmu tersebut diberikan sebagai realisasi kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam program pembangunan non fisik pada 2022.

Kasi Kemasyarakatan (Kemas) Kelurahan Meruyung, Rina Kamalia mengatakan, pelatihan Informasi dan Teknologi (IT) kepada para kader posyandu sangat penting. Mengingat, hampir seluruh program dan kegiatan pelayanan masyarakat termasuk pelayanan kesehatan kini telah menggunakan perangkat teknologi berupa komputer atau Laptop. Sehingga, jika kader tidak memiliki kemampuan mengoperasikan perangkat Komputer atau Laptop. Dikhawatirkan akan menghambat kinerja para kader dalam mengakses program kerja yang harus dilaksanakan.

“Sekarang hampir semua program kerja ter update secara elektronik. Hal ini mengharuskan kader posyandu mampu mengoperasikan komputer atau Laptop untuk menunjang kegiatan di posyandu. Termasuk pengakseskan perkembangan kegiatan atau program kerja dari Dinas Kesehatan atau Puskesmas,” ujar Rina kepada Harian Radar Depok, kemarin (23/06).

Menurutnya, sehubungan waktu pelaksanaan pelatihan sangat terbatas. Dia memberikan materi pelatihan dasar cara mengoperasikan perangkat lunak komputer atau laptop. Dan nanti untuk selanjutnya akan diupayakan kegiatan pelatihan lanjutan yang akan di mentori oleh para kader yang sudah memiliki kemampuan dalam mengoperasionalkan komputer atau laptop.

Pelaksanaan pelatihan IT para kader posyandu disambut baik Lurah Meruyung, Yuyun Purwana. Dia berharap pelatihan IT ini akan meningkatkan skil para kader posyandu dalam menggunakan perangkat lunak. Sebagai alat penunjang pelaksanaan kegiatan terutama menyangkut pelaporan hasil kegiatan.

Sementara itu, Sekcam Limo, Yeni Soehartini yang ikut hadir menyebut, di era serba elektronik saat ini kemampuan menguasai perangkat lunak mutlak sangat dibutuhkan. Dia mengaku sangat mengapresiasi inisiatif jajaran Kelurahan Meruyung dakam memberikan pelatihan kepada para kader posyandu. Ini sebagai salah satu ujung tombak pelayan masyarakat dibidang kesehatan masyarakat.

“Selamat kepada para peserta pelatihan, semoga kegiatan pelatihan akan bermanfaat bagi para kader Posyandu Meruyung dalam menunjang kelancaran tugas pelayanan kesehatan masyarakat,” tutup sekcam.(cr1)

Jurnalis : Andika Eka

Editor : Fahmi Akbar