ANTISIPASI : Perwakilan elemen masyarakat ketika mengikuti pelatihan tanggap bencana yang diadakan Kelurahan Pondok Jaya di Citayam Center. FOTO : GERARD SOEHARLY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, PONDOK JAYA – Meningkatkan kapasitas dalam upaya kesiapsiagaan dan pengurangan resiko bencana, Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung menggelar pelatihan tanggap bencana bersama Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok di Citayam Center.

Lurah Pondok Jaya, Nurman Hakim mengatakan, dicuaca yang tak menentu ini diperlukan bekal untuk tanggap bencana, untuk menghindari sekaligus menghadapi adanya bencana.

“Kami adakan pelatihan yang diprioritaskan kepada pengurus RW, RT, kader PKK serta karang taruna sebagai ujung tombak yang secara langsung berdampingan dengan masyarakat agar dapat tanggap dalam mengahadapi bencana yang kapapun bisa terjadi,” kata dia kepada Radar Depok, Rabu (22/06).

Semetara itu, Kabid Pencegahan dan Penyuluhan Kebakaran pada DPKP Kota Depok, Nelson Da Silva mengungkapkan, pihaknya menyampaikan langkah – langkah dan cara antisipasi dan menanggulangi musibah atau bencana secara mandiri sebagai pertolongan pertama.

“Disini kami membekali dan memberikan edukasi kepada warga, agar dapat mengantisipasi bencana atau musibah, dalam kategori ini kebakaran adalah musibah, jadi dapat diantisipasi dan hindari dalam kegiatan sehari-hari, minimal ada tindakan dini yang dapat dilakukan oleh warga,” tandasnya. (rd/ger)

 

Jurnalis : Gerard Soeharly

Editor : Pebri Mulya