dkum
TURUN GUNUNG : Kepala DKUM Kota Depok, Dede Hidayat turun gunung melakukan roadshow dan pendataan pelaku UMKM di Kecamatan Sukmajaya. INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dinas Koperasi dan UMKM (DKUM) Kota Depok terus menggalakan progam pembentukan 5.000 wirausaha baru dan 1.000 perempuan pengusaha di Kota Depok.

Setelah melakukan roadshow di empat kecamatan, kali ini Kepala DKUM Kota Depok, Dede Hidayat, melakukan roadshow di Kecamatan Sumajaya, pada Rabu (22/6).

Sebelumnya saya sudah ke Bojongasari, Sawangan, Tapos, Cilodong. Hari ini giliran Kecamatan Sukmajaya,” Kata Dede, Rabu (22/6).

Dede mengungkapkan, dalam kesempatan tersebut dia meminta seluruh stakeholder, baik dari DKUM, Kecamatan, Kelurahan, dan Komisi B DPRD Depok, bekerjasama untuk menyukseskan program ini. sebab, program ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan warga Depok dan meningkatkan ketahanan ekonomi warga.

Tidak hanya dari unsur pemerintahan dan legislatif, lingkungan komunitas juga harus bersinergi untuk menyukseskan program strategis ini,” katanya, Rabu (22/6).

Dikatakannya, keberadaan pelaku UMKM di Depok jumlahnya dinamis, terlebih saat kondisi covid kemarin banyak pelaku UMKM yang mati suri.

Kami terus melakukan pendataan secara detail, mudah-mudahan datanya bisa disinkronkan. UMKM di Depok ini lebih didominasi bidang kuliner,” ucapnya.

Untuk mempermudah pelaku UMKM menjajakan barang dagangannya, Dede akan berkoordinasi juga dengan Dinas Industri dan Perdagangan agar nantinya pelaku UMKM bisa menempati kios dan los di pasar-pasar yang dikelola oleh pemerintah.

Kami juga akan mengadakan pelatihan, pendampingan, klinik bisnis bagi pelaku UMKM di Depok dan orang-orang yang mau merintis usaha UMKMnya. Selain tu kami juga akan membantu akses perizinan, akses pemasaran dan akses permodalan,” pungkasnya. (rd/dra)

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Junior Williandro