MEMBLUDAK : Warga sedang antre mengikuti vaksinasi dosis 1, 2 dan booster yang diselenggarakan di Balai Sarmili Depok, di Jalan Kemakmuran Raya, nomor 63, RT 01/06 Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, Sabtu (11/06). RICKY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM – Ratusan warga antusias mengikuti vaksinasi dosis 1, 2 dan booster yang diselenggarakan Anggota Komisi IX DPR RI, Hj. Wenny Haryanto di Balai Sarmili Depok, Jalan Kemakmuran Raya, nomor 63, RT 01/06 Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, Sabtu (11/06).

“Kemarin saya melaksanakan sosialisasi GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), di antaranya harus melaksanakan vaksinasi Covid-19. Itu lah mengapa vaksinasi dilaksanakan hari ini,” tutur Wenny Haryanto kepada Radar Depok.

Hingga pukul 13.38 WIB, setidaknya sudah ada 639 warga yang mendaftar untuk mengikuti vaksinasi dan peserta masih terus berdatangan mendaftar guna mengikuti vaksinasi, baik dosisi 1, 2 dan booster.

Pada kesempatan tersebut, Wenny Haryanto menegaskan bahwa saat ini pandemi Covid-19 belum selesai. Sehingga, selain mengikuti program vaksinasi, masyarakat juga harus menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 dengan melaksanakan 5M.

“5M itu apa saja, yakni mengenakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilisasi dan interaksi. Ini yang harus kita lakukan, meski sudah divaksinasi,” tutur Wenny Haryanto.

Insert : Anggota Komisi IX DPR RI, Hj. Wenny Haryanto berfoto dengan panitia usai vaksinasi dosis 1, 2 dan booster di Balai Sarmili Depok, Jalan Kemakmuran Raya, nomor 63, RT 01/06 Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, Sabtu (11/06). RICKY/RADAR DEPOK

Terlebih, sambung Anggota DPR RI dari Dapil Jawa Barat VI (Kota Depok-Kota Bekasi) ini, di Depok mengalami kenaikan kasus Covid-19, dari sebelumnya di bawah 10 kasus, kini 23 kasus.

“Jadi, kita tetap harus waspada. Walaupun kecenderungan Covid-19 sudah menurun. Tapi, kita harus sadar bahwa Covid-19 itu masih ada, jadi tetap taat Prokes dan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” sambungnya.

PHBS di sini, politikus perempuan Partai Golkar ini mencontohkan, seperti istirahat atau tidur yang cukup, makan makanan yang bergizi empat sehat lima sempurna dan kebersihan lingkungan juga diperhatikan.

“Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mau menjalankan hidup bersih dan sehat itu sangat penting. Hal tersebut agar masyarakat bisa mencegah dan menanggulangi masalah kesehatan. Selain itu, dengan menerapkan PHBS masyarakat mampu menciptakan lingkungan yang sehat dan meningkatkan kualitas hidup,” ucap Wenny Haryanto.

Wenny Haryanto pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh mitra kerja dari Komisi IX DPR RI, seperti Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Jakarta Ditjen Tenaga Kesehatan Kemenkes RI, Dinkes Kota Depok dan warga yang menjadi peserta vaksinasi.

“Semoga dengan cara herd immunity atau kekebalan kelompok dapat tercapai. Hal ini dapat tercapai jika 70 persen warga di suatu wilayah tersebut sudah divaksinasi semua. Ini juga menjadi sebuah keniscayaan agar kita terbebas dari pandemi Covid-19,” pungkas Wenny Haryanto.

DI tempat yang sama, tokoh masyarakat Sukmajaya, H. Sarmili mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah berpartisipasi dan juga pihak panitia yang telah membantu kesuksesan vaksinasi tersebut.

“Alhamdulillah, hari ini banyak warga yang kembali vaksin,” tutur Sarmili.

Hal ini, sambung Sarmili, menandakan bahwa masyarakat telah sadar akan pentingnya vaksinasi di tengah pandemi Covid-19, di samping tetap menerapkan Prokes Covid-19.

“5M tetap harus dilakukan, ini untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Semoga pandemi yang sudah dua tahun lebih menghantam Kota Depok dan umumnya Indonesia ini dapat segera berakhir,” pungkas Sarmili.

Vaksinasi di Balai Sarmili Depok dinilai sangat baik. Sebab, di samping tempatnya yang representatif, seluruh warga merasa terlayani dan menerapkan Prokes Ketat.

Hal tersebut disampaikan warga Kelurahan Sukmajaya, Mansyur HD. Dia menilai pelaksanaan vaksinasi di Balai Sarmili Depok dapat menjadi percontohan di Kota Depok. Karena, arealnya yang luas dan pelayanan yang baik.

“Masyarakat juga tidak menumpuk, dapat tempat duduk, tidak panas dan juga beberapa kali vaksinasi di sini mendapatkan makanan dan minuman. Kami merasa terlayani dengan baik di sini,” ucap Mansyur.

Agenda vaksinasi selanjutnya di Balai Sarmili Depok direncanakan pada Rabu (15/06), bagi masyarakat yang belum menuntaskan vaksinasi atau belum vaksin sama sekali, bisa datang ke Balai Sarmili Depok, di Jalan Kemakmuran Raya, nomor 63, RT 01/06 Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya. (cky)

Editor : Ricky Juliansyah