Lurah Pondok Jaya, Nurman Hakim
Lurah Pondok Jaya, Nurman Hakim

RADARDEPOK.COM – Sebentar lagi, Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung Kota Depok mencari ketua RT, RW dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Baru. Pemilihan sebanyak 49 RT, 7 RW akan dilakukan secara serentak pada awal Juli mendatang.

Lurah Pondok Jaya, Nurman Hakim menerangkan, pelaksanaan tersebut sesuai dengan Peraturan Walikota (Perwal) Depok Nomor 13 Tahun 2021 tentang RT, RW dan LPM yang mengamanatkan pemilihan ketiga komponen di atas secara serentak dengan sejumlah ketentuan

“Insya Allah, Kelurahan Pondok Jaya telah siap untuk melaksanakan dan menyukseskan Perwali nomor 13 Tahun 2021 itu sebagaimana ketentuan yang mengikutinya,” kata dia kepada Radar Depok, Jumat (3/6).

Dia menjelaskan, pelaksanaan pemilihan ketua lingkungan dan LPM itu akan dilakukan pada Juli mendatang dengan pelantikan secara serentak di Oktober. Ada beberapa ketua RT dan RW yang telah terpilih. “Tapi sebagaimana amanah Perwali tersebut di atas, mereka tetap akan dilantik secara resmi pada Oktober bersamaan dengan pelantikan ketua RT, RW dan LPM se-Kota Depok,” sebut Nurman.

Baca Juga  Penanaman Kepedulian Yayasan Aisy Insan Kamil Depok Kepada Sesama, Mengajarkan Anak Usia Dini, Tumbuhkan Jiwa Sosial

Terkait pemilihan LPM, Nurman menuturkan, pihaknya telah mengatur agar pelaksanaannya berjalan dengan lancar.Dengan mengakomodir semua pihak yang akan memberikan suara atau hak pilih sevagaimana telah ditetapkan.

“Tokoh pemuda perwakilannya bisa berasal dari karang taruna dan KNPI. Untuk tokoh agama, kita mintakan kepada MUI kelurahan, dari tokoh perempuan dimintakan dari PKK dan sebagainya. Dan untuk tokoh masyarakat, telah ada pula jalan keluarnya,” jelasnya.

Dengan begitu, kata dia, dinamika politik di Kelurahan Pondok Jaya akan berjalan dengan baik dan kondusif. Serta menjadi awalan yang baik dalam menyongsong pesta demokrasi yang akan digelar pada 2024 mendatang.

“Intinya, boleh berbeda pendapat, boleh berbeda warna. Namun kita tetap satu demi kemajuan Pondok Jaya dan Kota Depok yang lebih baik lagi,” pungkas Nurman. (ger/rd)

Baca Juga  Baratu TE Dor Kepala Sendiri

Tentang Pemilihan RT, RW dan LPM :

Kelurahan :

  • Kelurahan Pondok Jaya

Dimulai :

  • 1 Juli 2022

Berakhir :

  • 31 Juli 2022

Pelantikan :

  • Oktober 2022

Jumlah RW :

  • 7 RW

Jumlah RT :

  • 49 RT

Dasar Hukum :

  • Perwal Depok Nomor 13 Tahun 2021 tentang RT, RW dan LPM

Jurnalis : Gerard Soeharly

Editor : Fahmi Akbar