LATIH : Camat Sukmajaya Ferry Birowo, Lurah Cisalak Audi WS dan peserta melakulan foto bersama usai pelatihan pemilahan sampah. FOTO : GERARD SOEHARLY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, CISALAK – Mengurangi beban pada Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung, Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya berencana mengajak elemen masyarakat untuk kembali mengaktifkan Bank Sampah.

Lurah Cisalak, Audi Wira Saputra mengatakan, daya tampung pada TPA Cipayung telah melewati kapasitas atau overload. Karena itu, perlu dilakukan pengurangan sampah dari sumbernya.

“Saya mengajak seluruh masyarakat Cisalak untuk mengaktifkan kembali Bank Sampah dan pemilihan bisa dilakukan dari sumbernya,” kata dia kepada Radar Depok, Kamis (23/06).

Dia menjelaskan, pihaknya telah mengadakan pelatihan pemilahan sampah kepada perwakilan dari 13 RW di Kelurahan Cisalak.

“Pesertanya itu adalah perwakilan dari 13 RW. Kemudian, ada juga dari PKK sebagai penguatannya,” terang Audi.

Dengan begitu, sebut Audi, volume sampah yang akan dibuang ke TPA Cipayung akan berkurang. Disisi lain, sampah rumahan dapat disulap menjadi barang yang bernilai jual.

“Jadi selain mengurangi beban, sampah tersebut dapat dibuat menjadi barang yang punya nilai ekonomis,” tandasnya. (rd/ger)

 

Jurnalis : Gerard Soeharly

Editor : Pebri Mulya