pasir putih
TINDAKAN PENANGANAN : Petugas SDA dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok saat melakukan penanganan pada logsor yang terjadi di Perumahan Koperasi, Kelurajan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Rabu (8/6). ist

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Lonsor yang terjadi di saluran Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, akan segera dilakukan perbaikan dengan cara membangun bronjong oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok.

Penanganan secara metode bronjong tersebut dilontarkan Kepala DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianti, Rabu (8/6).

“Mungkin akan dilakukan perbaikan dengan bronjong untuk antisipasi longsir susulan, karena dengan metode itu akan lebih aman,” terangnya kepada Radar Depok.

Dijelaskan mantan Sekdis DPUPR Kota Depok, sejak terjadi longsor karena cuaca ekstrem yang terjadi di Depok. Pihaknya segera bergerak cepat lakukan penanganan.

Ada 10 satgas Sumber Daya Alam (SDA) DPUPR diterjunkan ke lokasi untuk melakukan perapihan material agar tidam terjadi yang kurang baik. “Kami segera terjunkan 10 petugas ke lokasi,” katanya.

Diketahui lokasi longsor tersebut terjadi tepat di Perumahan Koperasi Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan. Sehingga menutup aliran Kali Parakan Jati.

Citra menuturkan, longsor yang terjadi dengan luas ketinggian sekitar dua meter dan panjang sekitar 20 meter. “Perapihan tersebut dilakukan satu hari secara tuntas. Karena takut ada cuaca yang kurang bersahabat,” paparnya.

Ia juga meminta warga setempat untuk selalu memperhatikan lingkungan sekitar agar dapat memberikan informasi ke dinas terkait.

Hal ini agar segera mendapatkan penanganan daei petugas, biar tidak menjalar dan adanya susulan. Jadi petugas bergerak secara cepat lakukan penanganan. (rd/arn)

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Junior Williandro