panji manusia mileniun

RADARDEPOK.COM – Beberapa tahun terakhir film-film superhero semakin merebak di bioskop. Selain ada DC dan Marvel di luar negeri, superhero Indonesia pun mulai digemborkan.

Ada dua rumah produksi besar yang kini membesut film superhero dalam negeri, yaitu Jagat Bumi Langit dan Jagat Satria Dewa.

Namun, bicara tentang superhero, sebetulnya masyarakat Indonesia sudah diperkenalkan dengan sosok superhero sejak lama. Tidak hanya di layar lebar, karakter superhero dalam negeri juga pernah hadir dalam bentuk serial.

Berikut ini adalah beberapa serial superhero yang pernah tayang di Indonesia, adakah yang diingat?

1. Panji Manusia Millenium

panji manusia mileniun

Panji Manusia Millenium. Sinetron ini begitu booming lantaran menghadirkan karakter manusia super dengan kostum yang menarik dan kekuatan yang seolah tak ada bandingannya.

Panji adalah manusia biasa, sehari-hari ia menjadi pengurus di sebuah panti asuhan. Suatu ketika, Panji mendapat kotak misterius berisikan gelang. Gelang itulah yang dapat mengubah Panji jadi Manusia Millenium lengkap dengan kostumnya yang mirip Batman dan topeng yang menutupi wajahnya.

BACA JUGA : Sidak Lagi Antre, Mendag Sebut Harga Migor di Bandung Sudah Rp 14 Ribu

Saat berubah, Panji memiliki kekuatan dapat terbang, menghilang dan dapat mengeluarkan api, air, hingga angin. Panji memiliki musuh utama bernama Donclo. Serial ini tayang dari tahun 1999 dan berakhir pada tahun 2001. Karakter Panji Manusia Millenium diperankan oleh Primus Yustisio yang akhirnya jadi karakter yang begitu melekat pada diri Primus hingga sekarang.

2. Saras 008

Selama enam tahun, anak-anak Indonesia dapat menikmati serial superhero fenomenal ini. Saras 008 bercerita tentang seorang superhero perempuan asli Indonesia dengan kekuatan super yang berasal dari roh kucingnya.

Jadi, Saras adalah perempuan biasa yang memiliki kucing peliharaan. Suatu hari kucingnya yang bernama Ketty mati, Saraspun murung ditingal binatang peliharaanya itu.

Di hari ke 40 setelah kematian Ketty, Saras merasa kerasukan Ketty, diapun bisa berubah menjadi seorang manusia super dengan pakaian khas dan topeng yang menutupi wajahnya.

Dia dapat mengeluarkan sinar laser dari mata dan kedua tangannya. Seperti kucing, Saraspun sangat gesit saat menghadapi lawan-lawannya. Karakter Saras sendiri dibintangi oleh beberapa aktris mulai dari Sindy Dewiana, Devi Permatasari, Peggy Ferdianti,Selly Hasan sampai Nadine Stefanie.

Villain utama Saras 008 adalah Mister Blek yang berambisi menguasai dunia. Serial Saras 008 dimulai pada tahun 1998 dan berakhir pada tahun 2004.

3. Milky Man

Mungkin banyak orang yang luput jika Saras sebetulnya sempat memiliki kawan superhero, yairu Milky Man. Milky Man adalah kawan seperjuangan Saras008 yang diperlihatkan pada musim kedua Saras008. Sebetulnya, Milky man ini adalah bagian dari promosi sebuah produk susu anak.

Pasti kamu ingat dengan tagline ikonis dari Milky Man yang berbunyi “ini dulu.. baru itu!”. Yap, itu adalah teriakan sebelum sang pemeran yaitu Alm. Agung Hercules berubah jadi Milky Man!

4. Gerhana

Anak tahun 90an pasti tahu serial ini. Pada tahun 1999, serial ini begitu disukai lantaran jalan ceritanya yang unik. Serial ini bercerita tentang seorang pemuda bernama Gerhana yang memiliki kemampuan super yang terletak di pikirannya.

Ia dapat membuat benda bergerak atau orang terpental hanya dengan berkonsentrasi. Dalam kisahnya, Gerhana memiliki sejumlah musuh mulai dari Mr. Black, Mr. White, Polo, Stanley sampai yang paling kuat yaitu Surya.

Nama musuh yang disebut paling terakhir ini memiliki kekuatan yang sama dengan Gerhana. Sampai-sampai ia harus mengerahkan seluruh kekuatannya untuk mengalahkan Surya.

Serial ini berlangsung selama empat tahun sejak tahun 1999 hingga tahun 2003 dan memiliki tiga musim. Karakter Gerhana diperankan dengan sangat ikonis oleh Pierre Rolland.

5Bima

Terakhir ada Bima. Dibanding dengan serial-serial yang telah disebutkan sebelumnya, Bima memang yang paling baru. Bima bercerita tentang seorang anak muda bernama Ray.

Suatu hari Ray bertemu dengan orang misterius yang memberikannya PowerstoneBatu bertuah itulah yang akhirnya membuat Ray dapat berubah menjadi Bima. Ray yang kini memiliki kekuatan super dan berubah menjadi seorang ksatria, memiliki misi utama untuk menghancurkan kerjaan VUDO yang dipimpin oleh Rasputin.

Dengan segenap kekuataanya Bima harus mengentikan misi jahat kerajaan VUDO yang hendak menghancurkan dunia. Tak seperti superhero yang telah disebutkan sebelumnya. Bima memiliki grafis yang jauh lebih baik. Selain itu kiblat superhero ini juga berkaca pada superhero-superhero dari Jepang seperti Kamen Rider, Ninja Jiraya atau Power Ranger.

6. Wiro Sableng

Kalau yang satu ini mungkin sebagian besar penonton Indonesia sudah tidak asing lagi. Berangkat dari novel ciptaan Bastian Tito, Wiro Sableng akhirnya diangkat jadi serial pada tahun 1995. Wiro Sableng memiliki kekuatan yang terletak di kapaknya yang sangat melegenda yaitu Kapak Maut Naga Geni 212.

Cerita Wiro Sableng berlatar di abad ke 16. Diceritakan bahwa Wiro adalah murid kesayangan seorang guru bernama Sinto Gendeng. Ada banyak musuh yang dihadapi oleh Wiro Sableng, namun kemampuan silat yang mumpuni dan kekuatan kapak 212 membuat dia menjadi sulit dikalahkan.

Harus diakui kalau Wiro Sableng jadi salah satu serial terfavorit dari akhir tahun 90an sampai dengan awal tahun 2000an. Kesuksesan serialnya membuat cerita Wiro Sableng akhirnya diangkat ke layar lebar pada tahun 2018. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya