ilustrasi karya tulis

Oleh : Farhan Anatama P, Fahril Ardiansyah, Adnan Dipanegara, Muhammad Rifaldi Z, Sefthree Auria A, dan Nabila Azzahra

 

MOTIVASI merupakan syarat mutlak dalam pertumbuhan seorang anak, motivasi menurut Moh. Uzer Usman adalah “Suatu proses untuk menggiatkan motif-motif menjadi perbuatan atau tingkah laku untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan tertentu”. Banyak orang tua yang lupa untuk memberikan motivasi kepada anaknya sehingga, anak merasa kurang diperhatikan dan merasa tidak didukung orang tua. Dari sekian banyak orang tua hanya sedikit saja yang melibatkan diri dalam pendidikan anaknya karena kesibukan orang tua itu sendiri sehingga aktivitas yang dilakukan anak di sekolah atau diluar sekolah kurang diketahui, padahal orang tua adalah guru pertama bagi anaknya.

Sehingga membuat anak cenderung berbeda ketika di dalam dan di luar rumah. Sikap anak dirumah lebih pendiam karena kurangnya kedekatan dengan orang tua. Ketika anak di luar rumah anak lebih aktif., karena bertemu dengan teman-temannya yang dianggap lebih dekat kepada dirinya. Dari hasil wawancara seorang narasumber bernama ibu Henny seorang ibu rumah tangga yang bertempat tinggal di Bogor. “Motivasi orang tua sangatlah penting, karena orang tua merupakan motivator yang seharusnya memberikan dorongan dalam segala aktivitas anak.” Menurut pendapat  ibu Henny tentang motivasi orang tua.

Beda lain halnya dengan pendapat Nicko. Seorang anak tunggal dari salah satu keluarga, yang tinggal di Ciomas Kabupaten Bogor. Nicko merasa hubungan dia dengan orang tuanya tidak dekat, karena seperti ada jarak antara dia dan orang tuanya yang membuat Nicko memiliki sikap yang berbeda antara dirumah dan diluar rumah. Jika diluar rumah Nicko bisa mengekspresikan apa yang dia sukai dan dia lebih nyaman. Sedangkan didalam rumah Nicko cenderung bersikap pendiam dan tertutup.

Dari pendapat Nicko peran orang tua sangatlah besar bagi anak-anaknya. Seperti halnya menjaga komunikasi dengan anak, luangkan sedikit waktu untuk mendekatkan diri  antara anak dan orang tua, jangan membalas kemarahan dengan kemarahan, sukai apa yang anak anda sukai, mendengarkan cerita anak tanpa menghakimi. Agar anak lebih terbuka kepada orang tua dan, orang tua lebih mudah memberikan motivasi kepada anak. Maka dari itu sangatlah penting bagi orang tua untuk memberikan motivasi dan menjaga hubungan dengan anaknya. Karena menjaga hubungan orang tua dan anak membuat kehidupan anak menjadi terarah dan memiliki tujuan yang jelas. (*)