PAUS Fransiskus
Paus Fransiskus.

RADARDEPOK.COM – Perang Dunia 3 sesungguhnya sudah dideklarasikan. Itu adalah pernyataan dari Paus Fransiskus saat wawancara dengan editor majalah Italia, Jesuit, yang terbit, Selasa (14/06).

“Dunia sedang berperang. Bagi saya, hari ini, Perang Dunia 3 telah dideklarasikan,” katanya dikutip dari media Rusia TASS dan dimuat juga oleh Americanmagazine, dikutip Rabu (15/06).

Dalam wawancara itu, disebutkan bahwa ia mengarahkan pernyataannya ke perang Rusia dan Ukraina. Menurutnya perang hanya mempertontonkan keganasan dan kekejaman.

Ia berujar semua orang ingin perang selesai. Ia pun meminta umat manusia merenung atas kejadian ini.

“Apa yang terjadi pada umat manusia yang telah mengalami tiga perang dunia dalam satu abad?. Ini buruk bagi kemanusiaan, ini bencana,” terangnya.

BACA JUGA : Airlangga: Jamuan Ketum Parpol untuk Jaga Stabilitas Politik

Wawancara itu sendiri sebenarnya sudah dilakukan sejak 19 Mei. Namun baru diterbitkan kemarin.

Perang Rusia dan Ukraina telah terjadi sejak 24 Februari. Hingga kini belum ada tanda-tanda perang selesai.

Presiden Rusia Vladimir Putin melancarkan serangan salah satunya karena keinginan Ukraina bergabung dengan NATO. Barat, AS dan Uni Eropa (UE) serta sekutu, telah memberi sanksi ke ekonomi Rusia karena pertempuran itu.

Setelah menggempur ibu kota Ukraina, Kyiv, pasukan Kremlin mundur untuk fokus ke Ukraina Timur sejak April. Saat ini, kota pusat industri Severodonetsk menjadi hotspot serangan dengan Rusia disebut telah menguasai sebagian besar wilayahnya.

Perang telah menimbulkan krisis pada energi dan pangan global. Kematian akibat perang juga mencapai 4.000 orang lebih. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya