pedestrian
Seorang pejalan kaki sedang menunggu angkutan umum di pedestrian Jalan Margonda Raya. ist

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok akan melakukan penataan pedestrian di Jalan Kartini, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas. Saat ini proyek pengerjaan tersebut masih dalam proses lelang.

Ya, rencana tahun ini ada penataan pedestrian sekaligus drainase Jalan Kartini bantuan dari Provinsi Jawa Barat (Jabar). Jika tidak ada halangan, Juni ini masuk proses lelang dan Agustus akhir bisa mulai pengerjaan. Total anggaran kurang lebih Rp 20 miliar,” ujar Kepala DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty, Rabu (22/6).

Adapun, kata Citra, penataan pedestrian memiliki panjang 1,5 km dan lebar sisi pedestrian sesuai eksisting antara 1 sampai 1,5 meter. Penataan pedestrian juga berbarengan dengan pelapisan permukaan aspal (Overlay) dengan lebar jalan bervariasi antara 6 sampai 7 meter.

Bentang jalan kurang lebih total 12 sampai 13 meter, termasuk median jalan dengan lebar 60-70 cm. Pengerjaan akan dimulai dari Jalan Kartini dekat Jalan Dewi Sartika sampai dengan Jembatan Dipo,” terangnya.

Dijelaskannya, pengerjaan berlangsung kurang lebih selama empat bulan. Terkait lalu lintas, dipastikan tidak ada penutupan jalan. Namun, imbuhnya, pengerjaan tersebut akan menyebabkan antrean kendaraan atau kemacetan.

Jika tidak ada halangan, pengerjaan akan berlangsung dari Agustus sampai Desember ini. Mudah-mudahan tidak ada kendala berarti dalam rencana penataan pedestrian ini,” pungkasnya. (rd/dra)

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Junior Williandro