pssi
BUKA : Komite Pemilihan (KP) Asosiasi PSSI Kota Depok mulai membuka pendaftaran calon ketua, wakil ketua, dan anggota komite eksekutif. Dimulai Jumat (10/6).

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Komite Pemilihan (KP) Asosiasi PSSI Kota Depok mulai membuka pendaftaran calon ketua, wakil ketua, dan anggota komite eksekutif pada 10 Juni 2022. Pemilihan sendiri akan dilakukan dalam Kongres Luar Biasa PSSI Kota Depok pada 23 Juli mendatang. Tanggal tersebut merupakan salah satu keputusan Kongres Biasa 28 Mei lalu.

Ketua Komite Pemilihan PSSI Depok, M. Rudi Suhartono, menjelaskan, periode pendaftaran mulai 10 Juni sampai 23 Juni 2022. Pemberitahuan kekurangan dokumen pencalonan akan dilaksanakan pada tanggal 13 Juni sampai 26 Juni 2022. Adapun batas kandidat untuk melengkapi dokumen, yakni tanggal 15 Juni – 28 Juni 2022.

“Verifikasi data dimulai 24 Juni sampai 3 Juli 2022 dan Pengumuman Kandidat Sementara akan kami sampaikan pada 3 Juli 2022,” kata M. Rudi Suhartono kepada awak media, Kamis (9/6).

Rudi melanjutkan sesuai amanat kode pemilihan bahwa calon kandidat yang dinyatakan tidak lolos dapat mengajukan banding pada 6 Juli 2022 dan Sidang pengajuan banding akan dilaksanakan pada 13 Juli 2022.

“Pemberitahuan kepada anggota atas daftar calon tetap pada 13 Juli 2022,” kata pria yang gemar menggunakan topi itu.

Rudi menjelaskan, setiap calon harus bersedia menandatangani surat pernyataan untuk mengikuti prosedur integrity check sesuai statuta dan kode pemilihan PSSI serta mengikuti prosedur sosialisasi PSSI yang telah ditetapkan oleh Komite Pemilihan dan Komite Banding.

Adapun kriteria lain yang harus dipenuhi, yakni Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan e-KTP Kota Depok, minimal berusia 30 tahun, memiliki pengalaman selama 5 tahun aktif dalam mengelola sepak bola di anggota PSSI Depok, Pendidikan formal minimal tamat setingkat S1.

Selain itu tidak pernah tersangkut tindak pidana dan tidak sedang menjalani hukuman dari badan peradilan PSSI, badan peradilan PSSI Jawa Barat, dan Badan Peradilan Asosiasi PSSI Kota Depok.

“Calon Ketua dan Wakil Ketua Komite Eksekutif didaftarkan oleh minimal 15 voter dan Calon Anggota Komite Eksekutif minimal didaftarkan oleh 10 voter,” kata dia.

Rudi melanjutkan Surat Dukungan Pencalonan dinyatakan sah jika ditandatangani Ketua dan Sekretaris klub berdasarkan kepengurusan yang terdaftar di Asosiasi PSSI Kota Depok dan dicap organisasi, bermaterai cukup dengan tanda tangan basah warna tinta biru.

“Satu anggota resmi Asosiasi PSSI Kota Depok hanya dapat mencalonkan satu nama calon Ketua Komite Eksekutif PSSI Depok, dan satu nama calon wakil ketua Komite Ekeskutif PSSI Depok,” kata dia.

Lebih jauh Rudi menerangkan untuk pencalonan anggota komite eksekutif tiap anggota resmi Asosiasi PSSI Kota Depok hanya dapat mencalonkan maksimal 3 (tiga) nama calon Anggota Komite Eksekutif PSSI Depok.

“Calon juga harus memiliki pengetahuan akan tata kelola sepak bola untuk mensukseskan dan mengembangkan program PSSI. Juga memiliki pengalaman dalam posisi strategis dan pengambil keputusan baik di pemerintahan ataupun swasta,” tambah dia.

Untuk persyaratan individu calon, Rudi menyebut ada beberapa lampiran yang harus dilengkapi. Syarat-syarat itu adalah pas foto berwarna background biru (4×6) 4 lembar, curriculum vitae (cv) yang menyatakan 5 tahun aktif di sepak bola, surat keterangan dari anggota PSSI terkait untuk setiap pengalaman yang dicantumkan.

“Berikutnya foto copy KTP atau identitas diri lainnya, surat keterangan catatan kepolisian (SKCK), surat keterangan tidak pernah dipidana dari pengadilan negeri setempat, membuat dan menyerahkan visi dan misi serta motto,” demikian tutup Rudi. (rd/gun)