jumlah agama di inggris
Ilustrasi

RADARDEPOK.COM – Ratu Elizabeth II adalah pemimpin untuk kerajaan di salah satu negara besar Inggris. Melansir Britannica, wilayah Inggris adalah tanah yang subur dan dikelilingi sungai besar dan kecil.

Ibu kota Inggris, London, merupakan salah satu kota metropolitan tersibuk di dunia dan menjadi pusat ekonomi, politik, serta pemerintahan.

Menurut data yang dipublikasi Worldometers, per Juni 2022 Inggris memiliki jumlah penduduk sebesar 68.557.382 jiwa.

Sementara itu, kepadatan penduduknya adalah 727 jiwa per meter persegi, dengan usia rata-rata warga Inggris sekitar 40 tahun. Negara ini juga tergolong sangat heterogen dengan berbagai macam perbedaan yang ada.

Salah satu perbedaan tersebut terkait agama yang dianut warga negaranya. Dalam laporan yang dipublikasikan Office for National Statistics (ONS), sebagian besar masyarakat Inggris dan Wales menganut agama Kristen dengan persentasi 51,0%.

BACA JUGA : Catat Nih, Operasi Patuh Jaya 2022 di Depok Incar 13 Pelanggaran

Namun, angka tersebut sebenarnya menurun dibandingkan dengan sensus penduduk pada 2011. Kala itu, jumlah masyarakat Inggris yang menganut agama Kristen mencapai 59,3%.

Data selanjutnya, sebanyak 38,4% masyarakat Inggris tercatat tidak memiliki kepercayaan atau ateis.

Sebagian besar masyarakat yang mengaku ateis tersebut merupakan warga kota London. Terkait pengelompokan umur, masyarakat dengan usia 20 sampai 29 tahun sebagian besar tidak menganut kepercayaan tertentu.

Agama yang juga dianut oleh masyarakat Inggris adalah Islam. Penganut Islam memiliki persentase 5,7% dari populasi. London merupakan kota tempat masyarakat Inggris yang menganut Islam paling banyak menetap.

Kemudian, terdapat pula agama Hindu di Inggris. Persentase masyarakat Inggris yang memeluk agama Hindu mencapai 1,7%. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya