RADARDEPOK.COM – Anggota DPRD Kota Depok, Qonita Lutfiyah menyerukan masyarakat untuk aktif donor darah. Pasalnya, selain untuk kesehatan pribadi juga dapat membantu orang lain yang membutuhkan.

“Donor darah merupakan merupakan wujud kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan. Karena itu, saya mengajakmasyarakat untuk mendonorkan darahnya, mengingat betapa berartinya setetes darah bagi kehidupan orang lain,” tutur Qonita Lutfiyah saat menghadiri agenda donor darah di Kantor Kelurahan Kedaung, Kecamatan Sawangan, Kamis (2/6).

Menurut Qonita Lutfiyah, donor darah merupakan sebuah bentuk solidaritas kemanusiaan yang dapat dimasifkan, karena dengan donor darah, banyak orang yang tertolong untuk melanjutkan hidupnya.

Terlebih, lanjut Qonita Lutfiyah, saat ini paska Ramadan dan libur lebaran 1443 Hijriah, stok darah di PMI menipis.

“Seperti saat terjadi pandemi dan stok darah menurun, masyarakat harus membantu untuk menyeimbangkan lagi persediaannya. Saya pun tadi mau donor darah, tapi setelah medical check up, HB saya rendah, jadi tidak boleh donor darah,” kata Qonita Lutfiyah yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPP PPP.

Selain bermanfaat bagi yang membutuhkan, Qonita Lutfiyah menambahkan, donor darah juga bermanfaat bagi pendonor, yang di mana hal ini akan berdampak baik pada kesehatan apalagi dilakukan secara rutin.

“Ada beberapa manfaat yang akan diperoleh bila rutin melakukan donor darah seperti mengurangi risiko penyakit jantung, membakar kalori, menurunkan risiko kanker, meningkatkan produksi darah, pikiran lebih mantap dan menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh. Jadi, jangan takut untuk donor darah,” pungkas Qonita Lutfiyah. (cky)

Editor : Ricky Juliansyah