RAKOR : Jajaran TP-PKK Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoranmas bersama Narasumber melakukan foto bersama usai Rakor. GERARD SOEHARLY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoranmas mengadakan Rapat Kordinasi (Rakor) terkait pencegahan perkembangbiakan Nyamuk Aedes Aegypti alias Si Belang penyebab Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Rakor ini masih berkaitan dengan pencegahan dan penanganan DBD di wilayah Rangkapan Jaya,” kata Lurah Rangkapan Jaya, Zaenur Ahmad kepada Radar Depok, Selasa (14/06).

Menurut Zaenur, dalam materi yang diberikan narasumber Kelompok Kerja (Pokja) 1 Kelurahan Rangkapan Jaya masih berkaitan dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

“Misalnya, tentang gotong royong, kerjabakti, Jumat Bersih (Jumsih). Khususnya, penanganan jentik nyamuk,” terangnya.

Selain itu, sebut dia, pihaknya juga memberikan materi terkait dengan pengamalan Pancasila dalam hal kesadaran hukum. Terutama, pembedahan tentang Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT).

“Serta pola asuh orang tua terhadap anak,” tutur Zaenur.

Lebih lanjut, Zaenur menjelaskan, dalam kesempatan tersebut, Puskesmas Rangkapan Jaya juga turut memberikan materi terkait kasus DBD.

“Ditemukan 1 kasus di RW 6 dan sudah dipantau serta di tangani oleh Puskesmas dan kader PKK tingkat RW dan Kelurahan,” ungkapnya.

Sejuah ini, kata dia, belum ditemukan adanya kasus kematian akibat terjangkit DBD di wilayah Kelurahan Rangkapan Jaya.

“Karena itu, kita mendorong masyarakat untuk melaksanakan Jumsih, Menutup, Menguras dan Mengubur (3M),” terang Zaenur.

Sebab, tutur dia, pengabaian terhadap 3M dapat mempercepat perkembang-biakan terhadap nyamuk belang.

“Lurah dan Ketua TP PKK mensuport giat ini, untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Selain itu juga tentang ODF di Rangkapan Jaya yang terus didorong kesadaran masyarakat untuk memliki septictank yang sehat,” pungkas Zaenur. (ger)

Jurnalis : Gerard Soeharly

Editor : Ricky Juliansyah