jelajah jawa SDIF Al Fikri
BELAJAR : Siswa dan guru SDIF Al Fikri sedang mendalami tentang kebudayaan yang ada di Pulau Jawa, Senin (20/06). FOTO : PEBRI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Usai menggelar Penilaian Akhir Tahun (PAT), SDIF Al Fikri mengadakan kegiatan yang memperdalam pengetahuan tentang kebudayaan, dan kali ini adalah budaya di Pulau Jawa, Senin (20/06).

Kepala SDIF Al Fikri, Nury Fibriany mengatakan, ini adalah kegiatan kelanjutan dari pembelajaran budaya sebelumnya, yang membahas tentang budaya dari beberapa daerah di Indonesia, seperti Kalimantan dan beberapa daerah di Indonesia bagian timur.

Dalam kegiatan tersebut, dikenalkan juga beberapa pakaian adat yang ada di setiap provinsi di Pulau Jawa. Tidak hanya itu saja, turut diundang juga Prama dan Rafi yang menjadi dalang cilik asal Kota Depok.

Siswa juga diajak untuk membuat jamu, bermain angklung, fashion show karya siswa, dan membuat pakaian tradisional dari bahan bekas.

“Jadi, siswa mengenal budaya dari negeri sendiri, yakni Indonesia khususnya di Pulau Jawa,” ucapnya kepada Radar Depok.

Nury menjelaskan, dipilihnya Pulau Jawa untuk pembelajaran tentang pengetahuan budaya. Jadi, untuk mengenal lingkungan sendiri atau yang terdekat, yakni di Pulau Jawa dan lebih detail lagi ke Jawa Barat tempat Kota Depok berada. Sehingga diharapkan siswa mencintai budaya yang ada di dekatnya dan  memahami nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Kegiatan ini, dikhususkan untuk siswa kelas IV dan V, karena siswa kelas VI sudah wisuda,” katanya. (rd)

 

Jurnalis/Editor : Pebri Mulya