Koordinator BKM Meruyung Mandiri, Ahmad Amarullah sebutkan jumlah RTLH yang akan direhab tahun 2022. Istimewa

RADARDEPOK.COM – Tahun ini Kelurahan Meruyung, Limo Kota Depok mendapatkan jatah perbaikan 20 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Pembangunan tersebut merupakan alokasi bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) anggaran 2022.

“Tahun ini kami mengajukan 40 unit perbaikan RTLH, tapi hanya diakomodir 20 unit dari bantuan Provinsi. Sisanya kami ajukan lagi untuk realisasi tahun depan bersama usulan baru sehingga jumlah usulan untuk tahun depan sebanyak 30 unit RTLH,” ungkap Koordinator Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Meruyung Mandiri, Ahmad Amarullah.

AA sapaan akrab Ahmad Amarullah– membeberkan, saat ini tengah menyusun rencana pelaksanaan perbaikan 20 RTLH. Dan diperkirakan awal bulan Juli mendatang pekerjaan perbaikan RTLH sudah dimulai. “Semua berkas sudah selesai dan fiks sekarang tahapan nya sudah membuka rekening keluarga penerima manfaat (KPM) mudah mudahan awal bulan Juli pekerjaan perbaikan RTLH sudah dimulai,” imbuhnya.

Dia menambahkan, besaran dana perbaikan RTLH dari bantuan Provinsi sebesar Rp20 juta dengan perincian Rp17,5 juta untuk membeli bahan material bangunan Rp2 juta, untuk upah tukang dan Rp500 ribu buat biaya administrasi. Saat disinggung terkait pelaksanaan pembangunan non fisik realisasi APBD tahun 2022, AA mengaku mendapat kepastian kapan pekerjaan proyek akan dimulai.

“Kami belum bisa pastikan karena pelaksanaan akan diserahkan kepada Kelompok Masyarakat (Pokmas) yang memenuhi persyaratan dan legalitas yang jelas, mungkin akan dimulai sekitar bulan September atau Oktober, yang jelas sekarang belum ada giat yang mengarah pada pelaksanaan pekerjaan dilapangan,” tutupnya.(cr1)

Jurnalis : Andika Eka

Editor : Fahmi Akbar