PELATIHAN : Pelatihan untuk pengolahan berbahan dasar ikan lele yang diselenggarakan di aula Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Rabu (22/06). ALDY RAMA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM – Aparatur Kelurahan Sawangan Baru (Sabar), Kecamatan Sawangan menggelar pelatihan tata boga di aula kelurahan setempat, Rabu (22/06). Kegiatan ini bertujuan untuk mendongkrak perekonomian masyarakat yang sempat terpuruk dimasa pandemi Covid-19.

“Kegiatan ini sengaja kami programkan untuk mendongkrak perekonomian masyarakat kami yang sempat terpuruk selama dua tahun lebih, jadi kami mulai untuk merintis kembali terutama dalam Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kami,” ucap Lurah Sawangan Baru, Rahwana kepada Radar Depok.

Rahwana melanjutkan, program ini merupakan dari Kepala Seksi (Kasi) Ekbang kami dengan pelatihan dalam pengolahan makanan dengan bahan dasar ikan lele yang ditujukan khususnya kepada UMKM Kelurahan Sawangan Baru.

“Mudah-mudahan setelah ada pelatihan ini mereka bisa mengembangkan ilmunya yang kemudian dapat membuka usaha, dan barangkali semoga produk-produk ini bisa didistribusikan ke luar Sawangan,” kata Rahwana.

Lebih lanjut, Rahwana mengungkapkan, ada berbagai macam sajian makanan yang disajikan saat pelatihan tata boga berlangsung, serta terdapat juga praktik pengemasan dan pemberian seperangkat alat masak untuk diberikan kepada beberapa peserta yang hadir.

“Dari macam olahan makanan dalam pelatihan yang diadakan, diantaranya nugget, dinsum, dan risoles, semua olahan makanan tersebut berbahan dasar dari ikan lele,” jelasnya.

Rahwana mengungkapkan, pihak yang diundang untuk turut hadir merupakan perwakilan dari RT dan RW Sawangan Baru, UMKM, dan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sawangan Baru.

“Harapan saya setelah kegiatan ini ada nilai ekonomis yang bisa kami ambil, sehingga mendongkrak perekonomian khususnya Sawangan Baru dalam bidang kuliner,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, hadir pula Camat Sawangan, Anwar Nasihin yang mengatakan, kegiatan pelatihan tata boga ini untuk mengenalkan dan memantapkan keterampilan dari masyarakat, khususnya ibu-ibu.

“Dengan adanya keterampilan ini nantinya dapat bertambah nilai ekonomi, jadi kegiatan ini memang sangat bagus, karena di Sawangan ini banyak komoditi ikan tawar, seperti ikan lele, mas, dan lain sebagainya,” ucap Anwar.

Anwar melanjutkan, Polisiklik Aromatik Hidrokarbon (PAH) dalam di wilayah Sawangan Baru ini lebih pas, maka diadakanlah pelatihan tata boga guna memberikan kesempatan bagi penggiat UMKM yang ingin mengembangkan potensi-potensi yang ada.

“Mereka semua punya keterampilan, lebih bagus lagi keterampilan tersebut dikembangkan untuk diperdagangkan, dan diharapkan nanti akan muncul-munculnya wirausaha baru yang lain,” tandasnya. (cr2)

Jurnalis : Aldy Rama

Editor : Ricky Juliansyah