Anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi PKB, M. Faizin. Istimewa
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM – Anggota DPRD Jawa Barat, M. Faizin meminta agar masyarakat tidak panik terhadap wabah penyakit mulut dan kuku (PMK). Politikus PKB ini juga mengharapkan agar pemerintah dapat melakukan langkah preventif untuk mengantisipasi PMK.

“Mengingat mendekati Idul Adha, penjualan hewan ternak meningkat,” tutur Faizin kepada Radar Depok, Rabu (1/6).

Menurut dewan dari Dapil Jabar VIII (Kota Depok-Kota Bekasi) ini, jelang Idul Adha dan mobilisasi hewan ternak seperti sapi, kerbau dan kambing meningkat ke sejumlah daerah. Sehingga, langkah mengantisipasi PMK ini mutlak dilakukan.

“Dapat dilakukan dengan membuat satuan tugas (Satgas) dari instansi terkait untuk melakukan pemeriksaan ke sejumlah peternak yang ada di kabupaten/kota masing-masing,” katanya.

Kemudian, sambung Faizin, di wilayah perbatasan dibuat pos pemeriksaan hewan ternak. Hal ini, kata dia, dilakukan untuk mengantisipasi hewan ternak yang mengidap PMK tidak masuk dan menularkan hewan ternak di kabupaten/kota tujuan.

“Warga hendaknya tidak panik dan diharapkan mereka juga tetap dapat berkurban jika diberikan rejeki lebih,” ucap Faizin. (cky)

Editor : Ricky Juliansyah