eril
Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Aril, putra dari Ridwan Kamil tiba di Gedung Pakuan disambut Tangisan warga Kota Bandung, pada pukul 20:00 WIB, Minggu (12/6). ISTIMEWA

RADARDEPOK.COM – Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, putra dari Ridwan Kamil tiba di Gedung Pakuan  disambut Tangisan warga Kota Bandung, pada pukul 20:00 WIB, Minggu (12/6).  Pantauan Radar Bandung di lokasi, mobil jenazah berwarna silver yang membawa jasad Eril berhenti tepat di depan Gedung Pakuan.

Terlihat Ridwan Kamil dan petugas kepolisian mengangkut peti jenazah Eril untuk dibawa ke dalam ruangan. Diluar gedung Pakuan puluhan warga Kota Bandung menangis menyambut kedatangan jenazah Eril.

Erna (30) mengaku, datang sedari pagi hanya untuk menguatkan pihak keluarga yang ditinggal. ” Saya kesini hanya untuk memberikan rasa sayang terhadap keluarga,”ucapnya.

Baca Juga : Tiba di Indonesia, Jenazah Eril Dijemput Atalia dan Keluarga

Ia menambahkan, jika diizinkan dirinya bersama kedua anak, akan ikut mengantar jenazah Eril sampai ke tempat dikebumikan. “Selamat jalan Eril, semoga kamu diterima disisinya. Semoga keluarga kang Emil bisa diberikan ketabahan,”paparnya.

Agenda selanjutnya, Ridwan Kamil akan memimpin salat jenazah.  Diketahui, jenazah Eril putra Ridwan Kamil tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten pada Minggu (12/6) sekitar pukul 16:00 WIB.

Keluarga Ridwan Kamil mempersilahkan warga datang ke Gedung Pakuan untuk berdoa dan salat jenazah mulai Minggu malam pukul 23:00 WIB hingga Senin (13/6/2022) pagi pukul 08:00 WIB.  “Kalau misal ada masyarakat berkenan mensalatkan dibuka pukul 23.00-08.00 pagi hari,” ujar Kepala Biro Administrasi Pimpinan Provinsi Jawa Barat Wahyu Mijaya.

Wahyu mengatakan, telah menyiapkan rute perjalanan ke pemakanan putra sulung Gubernur Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, pada Senin (13/6).

“Rangkaian enggak panjang. Rutenya dari Gedung Pakuan, ke Jalan Wastukencana, masuk Tol Pasteur keluar Tol Soroja kemudian menuju Cimaung. Itu dapat mengantisipasi atau jalur alternatif jika terjadi kemacetan,” ujarnya.

Wahyu mengatakan, warga diperbolehkan mendoakan atau ziarah kubur secara langsung di pemakaman Eril, seusai prosesi atau acara pemakaman selesai dilakukan.

“Lokasi pemakaman masih dibuka, bapak/ibu masyarakat yang berkenan ziarah kubur dibuka sampai sebelum Maghrib, jam 17:45 WIB. Kemudian, untuk selanjutnya masyarakat ingin ziarah kubur pada Selasa-Minggu pukul 08:00 sampai 17:00 WIB yang melakukan ziarah kubur dipersilakan,” terangnya.

Terpisah, Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono meminta, warga Depok mendoakan jenazah Eril, anak Ridwan Kamil, yang akan tiba di Tanah Air pada Minggu sore, pukul 15:45 WIB. Imam mengajak masyarakat  membaca surat Al Fatihah untuk Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril.

Imam merasa sangat sedih membaca cuitan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, atau biasa disapa Kang Emil, di Twitter tentang putranya itu.   “Haru, bangga dan tegarnya Gubernur kami. Salut sama Kang Emil dan Bunda Atalia. Teman-teman, kita bacakan Al Fatihah ya, untuk Eril,” kata Imam di Depok, Minggu (12/6).

Menurut Wakil Walikota Depok itu, Eril adalah anak yang cerdas, saleh, dan suka membantu warga miskin tanpa sepengetahuan orang tuanya. “Terlihat tanda-tanda itu di akhir kehidupannya, saya bangga rasanya punya anak seperti Eril,” ujar Imam.

Imam mengatakan, Ridwan Kamil dan Atalia Praratya pasti bangga memiliki anak seperti Emmeril Kahn Mumtadz. “Selamat jalan Eril, semoga Allah menerima Segala amal ibadahnya, bangga dengan Eril,” tulis Imam dalam cuitan di akun twitter @ImamBHartono, Ahad.

Imam juga menyampaikan, rasa duka mendalam kepada ibunda Eril, Atalia Praratya. “Saya comment di Twitter-nya Bunda Atalia, istri Kang Emil, memberikan support ketegaran dan kesabaran atas musibah yg menimpa buah hatinya. Semoga Allah mudahkan jenazah Eril Sampai ke tanah Air. Semoga Eril sudah bahagia di sisi Allah SWT, amin,“.(radarbandung/rd)

Editor : Fahmi Akbar