Ketua DPP PPP, Andi Surya Wijaya Ghalib bersama Ketum PAN Zulkifli Hasan yang juga Mendag di Kabinet Indonesia Maju. Istimewa

RADARDEPOK.COM – Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Andi Surya Wijaya Ghalib menilai masuknya Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) di Kabinet Indonesia Maju sebagai Menteri Perdagangan, membawa keuntungan bagi Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang digagas Partai Golkar, PAN dan PPP.

Diketahui, Presiden Joko Widodo melakukan perombakan kabinet Indonesia Maju Rabu (15/6) siang. Zulkifli Hasan ditunjuk menggantikan Muhammad Lutfi, sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) dan Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR/BPN) dijabat Hadi Tjahjanto menggantikan Sofyan Djalil.

Sementara, Wakil Menteri (Wamen) ATR/BPN, Raja Juli Anton, Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri), John Wempi Watipo dan Wakil Menteri Tenaga Kerja (Wamenaker) Afriansyah Noor.

“Bagi kami partai yang tergabung dalam KIB, tentu menguntungkan dan perkuat posisi KIB,” kata Andi Surya kepada Radar Depok, Kamis (16/06).

Sebab, sambung Andi Surya, ketiga ketua partai yang tergabung dalam KIB, Ketua Umum PPP, Suharso Monoarfa sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional sekaligus sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia.

“Dan yang baru dilantik kemarin, pak Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan,” tutur Andi Surya.

Seperti yang disampaikan kompatriotnya di PPP, yakni Wakil Ketua Umum PPP, Arsul Sani, putra kedua mantan Jaksa Agung RI, Letnan Jenderal (Pur) TNI Andi Muhammad Ghalib ini juga menilai, masuknya tiga Ketum partai di KIB dalam pemerintahan, dapat memudahkan KIB merespon permasalahan bangsa.

“Komposisi KIB yang saat ini berada di dalam pemerintah memudahkan menyusun strategi ke depan. Dengan begitu diharapkan, mampu menyerap berbagai masukan dari Presiden Jokowi,” ucap Andi Surya.

Pada kesempatan tersebut, Andi Surya yang digadang-gadangkan bakal maju pada Pileg 2024 di Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat VI (Kota Depok-Kota Bekasi) ini mengucapkan selamat kepada Zulhas.

“Selamat bertugas, mengabdikan tenaga dan pikiran untuk memajukan bangsa,” pungkas Andi Surya. (cky)

Editor : Ricky Juliansyah