voli
BERTANDING : Dua tim voli asal Kota Depok ketika unjuk gigi dalam ajang Walikota Cup di GOR Kota Depok, Kawasan GDC, Kecamatan Sukmajaya, Senin (25/7). GERARD SOEHARLY/RADAR DEPOK
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Mencari bibit pemain voli handal. Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dan PBVSI Kota Depok menggelar Walikota Cup di GOR Kota Depok, Kawasan Grand Depok City (GDC), Kecamatan Sukmajaya, Senin (25/7).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri mengatakan, turnamen itu bertujuan untuk melakukan pembinaan terhadap bibit maupun atlit voli di wilayahnya.

“Hari ini mereka berlatih dan bertanding Insya Allah, 4-5 tahun ke depan, kita bisa bicara di tingkat nasional,” kata dia.

Supian menyebutkan, pihaknya juga memberikan uang pembinaan kepada peserta. Dengan tujuan, dapat membakar semangat mereka agar menjadi pemain profesional di kemudian hari.

“Kejuaraan ini memperebutkan Piala Walikota Depok, tropi, dan uang pembinaan. Ditambah juga uang pembinaan untuk atlet terbaik,” tuturnya.

Menurut dia, peran PBVSI Kota Depok sangat signifikan dalam dunia pervolian. Hal itu dibuktikan dengan lolosnya tim voli putri yang akan berlaga dalam Pekan Olahrga Provinsi (Porprov) Jawa Barat 2022 di Subang, Jawa Barat.

“Melalui PBVSI Kota Depok, kita akan terus melakukan pembinaan kepada bibit-bibit unggul. Seperti saat ini, kita sudah mengirimkan tim putri voli ke Porprov,” sebut Supian.

Selanjutnya, Supian mengungkapkan rasa syukurnya kepada PBVSI Kota Depok yang telah bekerja keras dalam menggali potensi pevoli handal. “Terima kasih juga kepada klub dan orangtua yang telah mengizinkan dan mendukung para atlet untuk berlatih dan mengikuti kejuaraan voli ini. Insya Allah ini demi masa depan mereka,” kata dia.

Ketua PBVSI Kota Depok, Husein Fananie Faisal menerangkan, turnamen yang digelar selama enam hari itu diikuti 600 atlet dari 13 Klub yang terbagi dalam 43 tim.

“Ini agenda dari PBVSI Cabang Depok yang ada di AD/ART yang wajib mengadakan kompetisi pada usia pembinaan. Saat ini, kita lakukan untuk U-15 dan 17,” ungkapnya kepada Radar Depok.

Selain Walikota Cup, Husein menjelaskan, pihaknya tengah mempersiapkan atlit tersebut agar tahun depan dapat tampil dalam Pokwil pada U-15. Sementara, U-17 akan berlaga di Kejurda. “Ini sudah yang ketiga kali, 2018, 2019 dan 2022,” ujarnya.

Lebih lanjut, beber dia, tim voli putri Kota Depok telah memastikan diri tampil dalam perhelatan Porprov Jawa Barat di Subang pada tahun ini.

“Kalau dibilang unggulan, kan voli memang Cabor masyarakat, kita dari Koni sendiri sih ditarget pada Porprov dapat berbicara banyaklah,” ungkap Husein.

Husein bilang, selama ini pihaknya terus mensuport bibit muda pemain voli agar dapat membela nama Kota Depok dalam sejumlah kejuaraan. Bukan justru, loncat pagar ke daerah tetangga. “Terus berusaha semaksimal mungkin agar setidaknya masuk dalam empat besar,” tandasnya. (rd/ger)

Jurnalis : Gerard Soeharly

Editor : Junior Williandro