STERIL : Proses pembersihan hewan ternak dan sterilisasi kandang di Peternakan Asy-Syafa’at, di Jalan Bukit Rivaria, RT3/1, Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Jumat (8/7). FOTO : ALDY RAMA/RADAR DEPOK
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM, SAWANGAN BARU – Perternakan Asy-Syafa’at, Jalan Bukit Rivaria, RT3/1, Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan melakukan penyemprotan disinfektan dan pengecekan kesehatan hewan ternak secara rutin dilakukan guna menjaga kesehatan hewan ternak.

 “Semenjak munculnya wabah PMK saat ini, kami sudah mengantisipasi terlebih dahulu dengan menjaga kebersihan kandang seperti penyemprotan disinfektan dan kami juga rutin dalam melakukan pengecekan kesehatan hewan ternak,” ucap pengelola peternakan hewan, Denden Somandri kepada Radar Depok, Jumat (8/7).

Denden melanjutkan, selain memperhatikan kebersihan ada juga pemberdayaan manusianya, yang artinya karyawan-karyawan yang merawat hewan ternak di sini juga harus steril.

“Jika dalam kondisi yang normal tidak ada wabah seperti sekarang, pengecekan kandang dan kesehatan hewan rutin kami lakukan tiga bulan sekali, dan ketika ada wabah seperti ini perawatan kandang serta pengecekan kesehatannya kami lakukan seminggu bisa sampai dua kali,”ungkapnya.

Baca Juga  Taman Tapos Depok Belum Diresmikan

Denden juga mengungkapkan, peternakan yang dirinya kelola sudah teregistrasi dari tahun 2016 oleh dinas peternakan yang ada di Kota Depok, dirinya juga berharap pihak Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) dapat terjun langsung tanpa harus dipinta.

“Kami juga memiiki petugas kesehatan sendiri dari Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang kami pakai jasanya dengan menggunakan anggaran operasional pribadi, yang berarti kami menggunakan jasa tersebut dengan keuangan dari peternakan untuk melakukan pengecekan kesehatan,” jelasnya. (rd/ama)

 

Jurnalis : Aldy Rama

Editor : Pebri Mulya