LOMBA : Plt Camat Cilodong, Mohammad Fitriawan memaparkan program inovasi yang diunggulkan dalam Lomba Sinergitas Kinerja Kecamatan tingkat Kota Depok Tahun 2022, di Aula Kantor Kecamatan Cilodong. ANDIKA EKA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, CILODONG – Sinergisitas stakeholder di Kecamatan Cilodong dinilai Tim Bagian Pemerintahan dalam Lomba Sinergitas Kinerja Kecamatan tingkat Kota Depok Tahun 2022, Ada dua inovasi yang diunggulkan Kecamatan Cilodong pada lomba tersebut, yaitu Cilodong Saba Sekolah (Cisasa) dan Aplikasi Siapmaju.

“Ada dua inovasi andalan Cilodong, yaitu Cilodong Saba Sekolah (Cisasa) dan Aplikasi Siapmaju,” jelas Pelaksana Tugas (Plt) Camat Cilodong, Mohammad Fitriawan.

Menurutnya, peristiwa tawuran remaja menjadi perhatian pihaknya bersama stakeholder berbagai cara terus dilakukan untuk meminimalisir terjadinya tawuran tersebut.

“Program Cisasa bertujuan untuk memberikan edukasi bersama unsur tiga pilar yaitu  TNI-Polri dalam meminimalisir tawuran antar pelajar dan penyalahgunaan narkoba,” jelasnya kepada Radar Depok.

Sedangkan Aplikasi Siapmaju atau Sistem Informasi Administrasi Penduduk Sukamaju adalah sistem informasi yang dibuat oleh sekelompok warga RW23 Kelurahan Sukamaju, tujuannya untuk mempermudah warga mendapatkan akses pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) di Kelurahan Sukamaju.

Baca Juga  Ajak Tidak Golput, PPK Sukmajaya Ramaikan Taman Merdeka

Fitriawan menuturkan, aplikasi ini diluncurkan saat pandemi Covid-19 karena masyarakat merasa kesulitan mengakses langsung pelayanan di kantor kelurahan akibat kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Kini masyarakat Sukamaju cukup memanfaatkan gawai untuk mengurus Adminduk, seperti permohonan surat keterangan pembuatan KTP baru.

“Tidak mustahil sistem ini kelak digunakan untuk wilayah lainnya, setelah mengalami penyempurnaan dan penyesuaian dengan sistem informasi Pemerintah Kota Depok,” tutupnya.(ana)

Jurnalis : Andika Eka

Editor : Arnet Kelmanutu