artikel aplikasi

Oleh : Dody Haryadi dan Rohita

 

MERUPAKAN hal yang biasa jika komunikasi dilakukan menggunakan aplikasi whatsapp, instagram, facebook, atau berbagai media sosial lainnya yang telah ada. Namun tidak banyak yang tahu jika SIPPKOM yang merupakan kepanjangan dari sistem informasi perangkat pembelajaran dan komunikasi orangtua murid juga memiliki fitur untuk dapat melakukan komunikasi. Melalui fitur chatting ini, orangtua dapat melakukan komunikasi dengan guru terkait perencanaan pembelajaran yang dibuat guru, hasil penilaian dalam bentuk rapot, serta berbagai permasalahan terkait proses pembelajaran anak-anaknya.

Sosialisasi fitur chatting yang tersedia dalam SIPPKOM dilakukan tim dosen UAI yang terdiri dari bapak Dody Haryadi, M.Ti., ibu Rohita, M.Pd., dan ibu Nila Fitria, M.Pd., sebagai bentuk hilirisasi hasil penelitian berupa pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini dilakukan pada Sabtu, 16 Juli 2022 yang bertempat di aula Kelurahan Mekar Jaya, Kecamatan Sukma Jaya. Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang guru dan orangtua yang menyekolahkan anak-anaknya di pos PAUD di wilayah kelurahan tersebut. Selain sosialisasi, orangtua juga diminta untuk mengakses SIPPKOM sehingga dapat melihat fitur atau konten yang ada di dalam SIPPKOM, sekaligus juga mencoba fitur chatting yang tersedia.

Baca Juga  Kongbap : Diet Asik Tanpa Lapar

SIPPKOM bisa diakses oleh siapapun, namun untuk melihat fitur terkait pembelajaran dan juga melakukan chatting, hanya dapat digunakan oleh orangtua yang lembaga tempat anaknya bersekolah, menggunakan SIPPKOM,” demikian jawaban yang disampaikan bapak Dody Haryadi, M.Ti., selaku tim pelaksana kegiatan sekaligus pengembang SIPPKOM, kepada salah seorang penanya. (*)