senam BPJS kesehatan 3
SENAM PROLANIS : Sejumlah peserta JKN ketika mengikuti senam prolanis yang diadakan BPJS Kesehatan Cabang Depok bekerjasama dengan Puskesmas Pancoranmas di halaman kantor Kelurahan Depok, Selasa (12/07). FOTO : GERARD SOEHARLY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – BPJS Kesehatan Cabang Depok mengadakan Pekan Senam Prolanis bagi Peserta JKN Serentak (Pekan Semangat) dalam rangka memperingati ultang tahun yang ke-54.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Depok, Elisa Adam menjelaskan, pihaknya mengadakan mengadakan Pekan Semangat yang tersebar di 36 titik di Kota Depok.

“Kalau di Depok diadakan 36 titik yang terlibat salah satunya Puskesmas Pancoranmas yang punya Klub Prolanis yang merupakan klub program penyakit kronis,” kata dia kepada Radar Depok, Selasa (12/07).

Elisa menerangkan, selain Kota Depok, seluruh cabang BPJS Kesehatan di Indonesia juga menggelar Pekan Semangat sebagai peringatan hari jadi mereka yang tidak muda lagi.

“Ini dilakukan di kantor cabang seluruh Indonesia dalam rangka HUT BPJS Kesehatan ke 54,” ujarnya usai menghadiri senam bersama di Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas.

Baca Juga  Berjuang Mengubah Hidup Anak Disabilitas

Selain itu, dia menerangkan, senam bersama yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia pada Selasa (12/7) itu berhasil memecahkan rekor muri dengan kategori titik lokasi terbanyak.

“Ada 5.400 titik  jadi ini masuk di rekor muri karena kita punya pelaksanaan senam prolanis dengan titik lokasi yang terbanyak. Kalau dulu pernah kita kumpulkan dengan perserta terbanyak. Kali ini, dengan titik lokasi terbanyak,” beber Elisa.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Pancoranmas, Sri Mahayanti menuturkan, senam prolanis merupakan salah satu dari sejumlah upaya untuk menangani penyakit kronis seperti hipertensi dan diabetes melitus.

“Dalam rangka ulang tahun BPJS yang ke 54 ini, Puskesmas Pancoranmas di tunjuk oleh BPJS,” tuturnya.

Baca Juga  Pemkot Depok Usulkan LRT Masuk Margonda

Dia menyebutkan, pihaknya memiliki program senam prolanis rutin yang digelar setiap hari Kamis dan Jumat.

“Disamping senam untuk pencegahan dari pada penyakit kronis ini, kami melaksanakan edukasi kesehatan kepada peserta prolanis sebelum melaksanakan senam,” terang Yanti-sapaan akrabnya.

Selanjutnya, kata Yanti, pihaknya melakukan cek kesehatan seperti tensi, lingkar perut, gula dan lainnya.

“Jadi dalam mencegah penyakit penyakit  kronis itu adalah Cerdik. Nah salah satunya melakukan senam prolanis,” tandasnya. (rd/ger)

 

Jurnalis : Gerard Soeharly

Editor : Pebri Mulya