kesehatan remaja jatijajar
PEMBENTUKAN : Puskesmas Jatiajar dibantu Generasi Berencana (Genre) Kecamatan Tapos telah membentuk Posyandu Remaja (Posmaja), diresmikan di RW 08, Kelurahan Jatijajar,  Kecamatan Tapos. FOTO : ANDIKA EKA/RADAR DEPOK
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM, JATIJAJAR – Puskesmas Jatiajar dibantu Generasi Berencana (Genre) Kecamatan Tapos membentuk Posyandu Remaja (Posmaja), diresmikan di RW 8, Kelurahan Jatijajar,  Kecamatan Tapos, Selasa (12/07).

Kepala Puskesmas Jatiajar, drg. Rizky Andriani Alimy mengatakan, pembentukan Posmaja bertujuan untuk mewujudkan wadah komunitas sehat bagi remaja. Sasarannya adalah remaja usia 10 – 20 tahun

“Lewat posmaja ini, para remaja diberi berbagai pengetahuan mengenai pentingnya pendidikan kesehatan serta mengenai pentingnya menerapkan gaya hidup sehat bagi remaja”, ujar drg. Rizky Andriani Alimy

Terdapat berbagai kegiatan yang dilakukan di setiap Posmaja. Di antaranya pemeriksaan kesehatan, pengukuran tinggi badan dan berat badan, pemeriksaan hemoglobin (HB) dan konseling.

Baca Juga  Curug Depok Optimis Raih Hasil Terbaik di Tingkat Provinsi Jawa Barat

“Jadi, melalui berbagai kegiatan tersebut, kesehatan remaja dapat terus terpantau. Misalnya, pemeriksaan HB, jika ada remaja yang memiliki HB rendah kami akan intervensi dengan pemberian zat besi,” ungkapnya.

“Karena tidak menutup kemungkinan juga remaja umur segitu penyakit tidak menular seperti Hipertensi, Diabetes, dan untuk mencegah stunting pada balita, perlu intervensi pemantauan gizi dan kesehatan di usia remaja” lanjutnya.

Dokter Rizky menambahkan, ke depan pihaknya akan terus menambah jumlah Posmaja di wilayah Jatijajar.

“Untuk sekarang masih kita fokuskan di wilayah rw08 tetapi remaja diluar rw08 juga boleh ikut, dan tidak menutup kemungkinan kita akan menambah Posmaja di setiap RWnya,” tegasnya.

Dokter Rizky juga berarap kegiatan ini berjalan dengan lancar bisa membantu menjaga kesehatan para remaja yang ada di Kelurahan Jatijajar.(rd/ana)

Baca Juga  Duren Mekar Dukung Produk UMKM

 

Jurnalis : Andika Eka

Editor : Pebri Mulya