UMKM : Salah satu penggiat UMKM Kukusan yang sedang menjajakan dagangannya di Festival Depok Keren, Sabtu (2/7). FOTO : ALDY RAMA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, KUKUSAN – Meningkatkan taraf perekonomian, dilakukan Karang Taruna (Katar) Kelurahan Kukusan dengan mengadakan Festival Depok Keren pada tanggal 1-2 Juli 2022 dengan mendirikan 54 stan.

Ketua Panitia Festival Depok Keren sekaligus Ketua Katar Kelurahan Kukusan, Rian Indra Permana mengatakan, tujuan festival yang diselenggarakan di Lapangan Sepak Bola Palakali, Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji tersebut adalah untuk mengembalikan gairah masyarakat setelah dua tahun dilanda pandemi Covid-19, dan sekaligus upaya dalam meningkatkan taraf perekonomian penggiat UMKM.

“Taraf ekonomi masyarakat menurun akibat pandemi Covid-19, maka dari itu kami mengadakan festival Depok Keren ini dalam upaya meningkatkan kembali taraf ekonomi mereka, terutama dalam UMKM lewat bazaar yang diselenggarakan,” ucapnya kepada Radar Depok, Minggu (3/7).

Lebih mendalam, Rian menjabarkan, terhitung sebanyak 54 total stan UMKM yang didirikan dan terdiri dari berbagai wilayah di Kota Depok.

“Sebelumnya kami mengutamakan terlebih dulu untuk UMKM Kelurahan Kukusan, setelah porsinya sudah cukup baru kami membuka untuk umum, dan Alhamdulillah UMKM dari Tajur Halang, Sawangan, Citayam, Cimanggis, dan lain sebagainya turut hadir,” jelasnya.

Sementara itu, Lurah Kukusan, Gunawan mengungkapkan, dirinya mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan Katar Kukusan ini, terutama dalam upaya meningkatkan taraf perekonomian penggiat UMKM.

“Karena ini merupakan kegiatan yang baru diadakan lagi setelah pandemi Covid-19, dan saya mengapresiasi kegiatan ini, khususnya upaya mereka dalam meningkatkan taraf ekonomi penggiat UMKM,” ungkapnya.

Gunawan melanjutkan, ini juga sebagai pengembangan jati diri mereka sebagai Katar supaya bisa kembali mengelola kegiatan-kegiatan seperti ini di masyarakat.

“Harapan saya kegiatan-kegiatan seperti ini bisa kembali dilakukan, karena tujuan kami juga untuk mengerakkan kembali UMKM yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19 dua tahun lalu,” tutupnya. (rd/cr2)

 

Jurnalis : Aldy Rama

Editor : Pebri Mulya