PELATIHAN : Aparatur Kelurahan Sawangan Baru bersama Kabid PSD Danlinmas yang sedang mengadakan pembinaan serta pelatihan di Kelurahan Sawangan Baru, Jumat (1/7). ALDY RAMA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM – Meningkatkan wawasan dan meningkatkan kemampuan untuk melindungi masyarakat, Aparatur Kelurahan Sawangan Baru bersama Satpol PP Kota Depok mengadakan pembinaan serta pelatihan terhadap 10 Satlinmas Sawangan Baru yang diselenggarakan di kantor kelurahan setempat, Jumat (1/7).

“Ini merupakan kegiatan pembinaan serta pelatihan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) tingkat kelurahan, yang kami harapkan Satlinmas ini memiliki berbagai macam kemampuan dalam penanggulangan berbagai bencana,” ucap Kabid PSD dan Linmas Satpol PP Kota Depok, Dheni Wahyu, kepada Radar Depok.

Dheni menuturkan, pembinaan dalam pelatihan ini lebih berfokus kepada penanganan ketertiban di lingkungan masyarakat, karena jika mereka sudah terlatih untuk memiliki berbagai kemampuan, masyarakat pasti sangat terbantu.

“Untuk saat ini yang kami berikan pelatihan hanya sejumlah materi sebagai pelatihan saja, dan kami harapkan juga pihak kelurahan melakukan pelatihan kepada Satlinmas yang juga bekerja sama misalnya dengan komunitas ular untuk penanganan ular liar, atau praktik-praktik lain terkait peristiwa dalam penanggulangan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Dheni mengatakan, seandainya Satlinmas ini sudah terlatih, masyarakat tentunya tidak perlu khawatir, karena keterampilan mereka dalam penanggulangan bencana insha allah sudah mumpuni.

“Mudah-mudahan pembinaan serta pelatihan yang diadakan ini bermanfaat bagi mereka dalam meayani masyarakat,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Lurah Sawangan Baru, Rahwana mengatakan, pembinaan serta pelatihan Satlinmas ini sempat vakum selama dua tahun karena manajemennya yang belum ada.

“Maka dari itu kami baru melaksanakan kegiatan ini lagi, dan mecoba kembali untuk mengaktifkan Linmas di Kelurahan Sawangan Baru guna memberikan bekal bagi mereka untuk tanggap terhadap bencana maupun peristiwa,” ucap Rahwana.

Lebih lanjut, Rahwana mengungkapkan, untuk saat ini angota Satlinmas yang sudah direkrut ada 10 orang, mereka sudah terdata dan terdaftar.

“Hari ini kami siapkan kegiatan acara pembinaan serta pelatihan untuk Satlinmas khususnya di wilayah Sawangan Baru untuk menambah wawasan mereka, karena memang Linmas saat ini harus dibekali terkait penanganan bencana” ungkapnya.

Sementara, Kasi Pemtrantib Kelurahan Sawangan Baru, Mashuri mengucapkan, pembinaan dan pelatihan ini untuk mengoptimalkan peran serta fungsi dari Satlinmas itu sendiri, yang bertujuan untuk menjaga serta membantu program pemerintah khususnya di Kelurahan Sawangan Baru.

“Pembinaan di dalam pelatihan Satlinmas sendiri diantaranya penanganan terhadap banjir, kebersihan, serta keamanan-keamanan dilingkungan lainnya,” ungkapnya.

Mashuri mengatakan, semoga semua yang hadir dalam pelatihan ini dapat mempraktikkanelatihan yang sudah diberikan, khususnya saat ada peristiwa maupun bencana.

“Harapan untuk kedepannya semoga Satlinmas ini lebih optimal lagi dan bersinergi dengan pemerintah,” tandasnya. (cr2)

Jurnalis : Aldy Rama

Editor : Ricky Juliansyah