Lurah Pangkalanjati, Tarmuji. Istimewa

RADARDEPOK.COM – Kendati masih satu bulan lebih lagi. Senin (18/07), Kelurahan Pangkalanjati, Cinere Kota Depok mengingatkan seluruh warganya segera membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Notifikasi ini digaungkan demi warga Pangkalanjati terhindar dari denda akibat terlambat membayar.

“Agar terhindar dari denda, saya meminta kepada warga untuk melakukan pembayaran PBB sebelum jatuh tempo pada 31 Agustus mendatang,” tutur Lurah Pangkalanjati, Tarmuji kepada Harian Radar Depok, Senin (18/07).

Sejauh ini, pihaknya telah melakukan sejumlah upaya guna mengingatkan warganya taat membayar pajak. Termasuk, melalui ketua RT dan RW setempat. “Mulai dari grup Whatsapp lingkungan maupun saat ada kegiatan di lingkungan saya selalu ingatkan. Dan ajak warga agar segera membayar pajak,” katanya.

Baca Juga  RW7 Kelurahan Mampang, Kota Depok Gelar Puncak Perayaan HUT RI

Lurah menjelaskan, manfaat dari membayar pajak yaitu untuk pembangunan di Kota Depok. Seperti perbaikan jalan dan pembangunan lainnya. “Dengan membayar pajak, kita ikut berpartisipasi dalam pembangunan di Kota Depok,” tegasnya.

Perlu diketahui, Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Depok mencatat  capaian Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) di Kota Depok tahun 2022. Di triwulan II terealisasi sebesar 88,17 persen. Nilainya mencapai Rp87.883.942.814 dari target yang ditetapkan sebesar Rp99.673.656.086.

“Alhamdulillah, capaian target kami di triwulan II ini sudah 88 persen. Masih kurang sekitar Rp 12 miliar lagi sampai dengan akhir Juni 2022 ini,” ujar Kepala Bidang Pendapatan Daerah II BKD Kota Depok, Muhammad Reza, Rabu (15/06).

Baca Juga  Anggota TNI Divaksin Difteri

Target sampai dengan akhir tahun ini sebesar Rp369.161.689.208. Pihaknya optimis, target tersebut bisa dicapai. “Ya mudah-mudahan bisa dicapai, kami optimistis. Karena tren pembayaran akan meningkat jelang batas akhir pembayaran PBB yaitu 31 Agustus nanti,” terangnya.

Reza mengatakan, untuk mempermudah masyarakat melakukan pembayaran PBB-P2, BKD telah melakukan kerja sama dengan e-commerce maupun bank-bank yang ditunjuk. Antara lain Bank BJB, loket PBB di 11 kantor kecamatan, Bank BTN, Kantor Pos, Indomart, Alfamart, BNI, Cimb Niaga, OCBC NISP, traveloka dan tokopedia.(ama)

Jurnalis : Aldy Rama

Editor : Fahmi Akbar