MEMBACA : Anak-anak sedang membaca buku yang disediakan oleh Komunitas Ruang Baca Sarang Buku (Rubasabu). ANDIKA EKA/RADAR DEPOK
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM, SUKMAJAYA – Berawal dari keresahan akan minimnya minat baca masyarakat dibentuklah Komunitas Ruang Baca Sarang Buku (Rubasabu) oleh lima orang remaja Kota Depok. Berfokus di wilayah Kecamatan Sukmajaya, Rubasabu hadir untuk mengajak masyarakat sekitar agar gemar membaca.

Laporan : Andika Eka Maulana

Mereka memulaiĀ  terjun ke masyarakat yaitu pada tanggal 16 Juni 2019 di Taman Merdeka tepat di depan Kantor Kecamatan Sukmajaya. Di awal berdiri, Rubasabu diprakarsai oleh lima orang remaja asal Kota Depok yakni Sativa, Rimba, Ola, Salma dan Nurul.

“Alhamdulillah saat ini sudah 10 orang dan bahkan lebih karena kita kolaborasi dengan komunitas atau organisasi lainnya. Seperti Forum Anak, Karang Taruna dan komunitas lingkungan lainnya,” ujar Ketua Komunitas Rubasabu, Sativa Trimaraeni.

Sejak diresmikan oleh Bunda Literasi Kecamatan Sukmajaya pada 24 November 2019, Rubasabu memfokuskan kegiatannya pada anak Sekolah Dasar (SD) di wilayah Sukmajaya. Kini seminggu sekali, pihaknya mengadakan roadshow ke tiap-tiap kelurahan di Kecamatan Sukmajaya.

“Awal berdiri, buku dari swadaya masyarakat sekitar dan teman-teman kampus. Kemudian, pada tahun 2022, Alhamdulillah dapat buku dari Diskarpus dan Perpusnas,” jelasnya.

Tiga tahun berdiri, Rubasabu kini memiliki lebih dari 650 eksemplar buku yang didominasi oleh buku cerita anak dan pengetahuan umum. Tergabung dengan Yayasan Negeri Buku, Rubasabu juga menerima donasi buku dari masyarakat.

“Kita terjaring dengan Yayasan Negeri Buku, dimana mereka sebagai penyalur buku untuk Taman Baca Masyarakat (TBM) di Indonesia. Jadi, kita juga buka sistem tukar buku bacaan antar TBM,” jelasnya.

Sativa berharap Rubasabu dapat tetap konsisten bergerak mengajak masyarakat untuk gemar membaca. Serta menjadi contoh bagi sekelilingnya.

“Yuk, warga masyarakat dan seluruh stakeholder yang ada di Kota Depok, khususnya wilayah Kecamatan Sukmajaya kita sama-sama bergerak untuk meningkatkan minat baca, khususnya pada anak-anak, kelak tercipta generasi yang cerdas dan beradab,” pungkasnya. (*)

Jurnalis : Andika Eka

Editor : Arnet Kelmanutu