KOMPAK : Jajaran Kelurahan Ratujaya, kecamatan Cipayung bersama peserta pelatihan handycraft ketika melakukan foto bersama, Selasa (5/7). ANDIKA EKA/RADAR DEPOK

Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung melakukan pelatihan pembuatan handycraft untuk menambah ketrampilan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayahnya.

Laporan : Andika Eka Maulana

Sejumlah orang menaiki anak tangga di Kantor Kelurahan Ratujaya,  Kecamatan Cipayung, mereka menuju ruang pertemuan yang terletak di lantai dua pada kantor tersebut.

Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan (Kasi Ekbang) Kelurahan Ratujaya, Jayadi menyebutkan, Pelatihan Handycraft Kelurahan Ratu Jaya ini dilaksanakan berdasarkan Peraturan Daerah Kota Depook Nomor 16 Tahun 2021 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2022.

Tujuannya, pelatihan handycraft tersebut diharapkan memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan bagi peserta pelatihan mengenai proses dan cara meningkatkan daya saing produk-produk local serta menciptakan pelaku UMKM yang mandiri, inovatif dan Keratif.

Sasaran Pelatihan ini adalah sebagai berikut memahami proses perencanaan, pengolahan dan pengemasan serta pemasaran atau promosi produk-produk para pelaku UMKM di Wilayah Kelurahan Ratu Jaya agar.

Tentunya agar pelaku UMKM kelurahan Ratu Jaya dapat bekerja secara mandiri, inovatif dan kreatif dalam mengembangkan usahanya untuk meningkatkan perekoniman keluarga

“Pelatihan handycraft Kelurahan Ratu Jaya diikuti  40 Peserta,” katanya kepada Radar Depok diruang pelatihan.

Seluruh peserta berasal dari pelaku UMKM Kelurahan Ratu Jaya, pengusurus dan karang taruna yang berada di wilayah kelurahan Ratu Jaya.

“Tenaga Pengajar atau Narasumber pelatihan handycraft Kelurahan Ratu Jaya adalah narasumber yang sudah berpengalaman dalam bidangnya baik dari Dinas terkait maupun dari pelaku UMKM Kota Depok dan Pelaku UMKM Kelurahan Ratu Jaya yang sudah mencapai kesuksesan dalam pengolahan Usahanya,” tandas Jayadi. (*)

 

Jurnalis : Andika Eka

Editor : Arnet Kelmanutu