PEMBINAAN : Aparatur Kelurahan Pondok Petir bersama beberapa unsur masyarakat yang hadir dalam monitoring dan pembinaan Pokja RW ramah anak, Senin (4/7). FOTO : ALDY RAMA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, PONDOK PETIR – Aparatur Kelurahan Pondok Petir mengadakan kegiatan monitoring dan pembinaan Kelompok Kerja (Pokja) RW Ramah Anak di aula lantai dua kantor kelurahan sementara yang berada di Jalan Serua Bulak, Gang Yayasan, kelurahan setempat. 

Kasi Kemas Kelurahan Pondok Petir, Yuli Lestari mengatakan, tujuan dari pembinaan pokja RW ramah anak ini (kelurahan layak anak) agar dapat memenuhi hak-hak anak dari lima kluster.

“Dari lima kluster tersebut diantaranya hak sipil dan kebebasan, lingkungan, kesehatan, pendidikan, dan perlindungan khusus,” ucapnya kepada Radar Depok, Senin (4/7).

Terkaitan dengan hal tersebut, Yuli mengatakan, peserta yang diundang untuk dibina terdiri dari perwakilan RW, RT, forum anak kelurahan, dan para Kader-kader.

“Pihak RW merupakan lingkungan yang paling dekat dengan masyarakat, diharapkan dapat mensosialisasikan lagi ke warga Pondok Petir, seperti memberikan fasilitas-fasilitas penunjang bagi anak sehingga dapat mewujudkan keluarga hebat yang menghasilkan keluarga berkualitas yang ramah anak,” pungkasnya.

Sementara, Sekretaris Kelurahan Pondok Petir, Bahrudin mengatakan, pembinaan Pokja RW yang dilakukan agar data-data dan wawasan mengenai pembinaan yang terkait dapat ditingkatkan lagi.

“Tujuannya agar warga di Kelurahan Pondok Petir ini dapat meningkatkan kembali wawasan dari pembinaan yang diberikan, khususnya ramah anak dan ramah keluarga agar mencegah kejadian-kejadian seperti tindak kekerasan terhadap anak,” ucapnya.

Sebelumnya, sambung Bahrudin, Kelurahan Pondok Petir ini mendapat juara dua dalam lomba kelurahan layak anak tingkat Kota Depok pada 2021.

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan monitoring dan pembinaan Pokja RW ramah anak ini, diharapkan unsur masyarakat yang hadir dapat memahami dan meningkatkan lagi kinerja ramah anaknya, dan data-datanya harus diperbaiki ataupun ditingkatkan lagi,” tutupnya. (rd/cr2)

 

Jurnalis : Aldy Rama

Editor : Pebri Mulya