monev
DIBIMBING : Posyandu Seruni di Kelurahan Pangkalanjati Baru (PJB), Cinere Kota Depok di Monitoring dan Evaluasi (Monev) PKK Kota Depok, Kamis (30/6). ANDIKA/ RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM – Sebabagai wakil Kecamatan Cinere Kota Depok. Kemarin (30/6), Posyandu Seruni di Kelurahan Pangkalanjati Baru (PJB), Cinere di Monitoring dan Evaluasi (Monev) PKK Kota Depok. Dalam monev tersebut tim dari Kota Depok mengarahkan tata cara menyingkronisasikan administrasi posyandu hingga pembinaan.

Perwakilan dari PKK Kota Depok Pendampingan Posyandu Juara (PJJ), Rina mengatakan, monev ini merupakan sebagai awal mengecek kelengkapan proses pendataan, administrasi dan pembinaan. Apabila ada kekurangan, nanti pihaknya akan memeberitahu. Termasuk juga dengan koordinasi antara Pokjanal kelurahan dan Pokjanal kecamatan.

Baca Juga : Petugas KPK Main ke Depok, Sorot Delapan Titik Korupsi

Tim, kata dia, langsung ke lokasi Posyandu Seruni melihat apa saja kekurangan, sekaligus melakukan tanya jawab dengan kader posyandu serta PKK kelurahan dan kecamatan. “Alhamdulillah semua terun untuk membantu agar Posyandu Seruni terus lebih baik. Hal ini dapat dilihat atas semua unsur yang terlibat saat tim hadir,” ujarnya.

Sementara, Ketua TP PKK Kecamatan Cinere, Dian Karwati menyebut, banyak hal dan masukan saat monev. Setidaknya nanti saat penialian yang dianggendakan pada pertengahan Juli, Posyandu Seruni sudah melengkapi kekurangnnya. Dipilihnya Posyandu Seruni, dari segi kesiapan dari yang ada posyandu ini lebih unggul.

Jadi, saat ini tinggak terlalu banyak yang perlu disiapkan. Belum lama juga, Pangkalanjati Baru memang juara tiga dengan kategori  Keluarga Teladan, di Hari Keluarga Nasional tingkat Kota Depok. Keluarga teladan itu, Ain saain dan Neneng Salmiah. “Yang terpenting lengkapi dulu kekurangnnya. Soal menang atau kalah kami akan berikan yang terbaik,” jelasnya kepada Harian Radar Depok, Kamis (30/6).

Di lokasi yang sama, Camat Cinere, Sugianto menuturkan,  posyandu merupakan wadah pemberdayaan masyarakat yang dibentuk melalui musyawarah mufakat kelurahan. Keberadaannya diharapkan menjadi ujung tombak pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di tingkat kelurahan.

Pokjanal Posyandu terdiri dari lintas program dan lintas sektor yang dibentuk dengan tujuan pengembangan dan pembinaan di tingkat kelurahan. Posyandu memiliki peran penting bagi kesehatan dasar ibu dan anak serta masyarakat umum.(cr1/rd)

Jurnalis : Andika Eka 

Editor : Fahmi Akbar