BERANGKAT : Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono didampingi Kepala Kemenag Kota Depok Asnawi melepasan 327 jamaah haji Kota Depok dari Kloter 41, di Masjid Agung Balaikota, Kamis (30/6) malam. ALDY RAMA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM – Rombongan calon haji (Calhaj) Kota Depok kloter terakhir, resmi diberangkatkan semalam (30/6). Sanak saudara dan handai taulan jamaah haji ikut mengantar hingga memenuhi Balaikota Depok. Isak tangis pun tak henti berderai, saat 327 jamaah haji memasuki bus yang mengantarkan jamaah ke embarkasi Bekasi.

Kepala Kemenag Kota Depok, Asnawi menyebut, jumlah calon jamaah haji sebanyak 327 orang, sampai embarkasi paling lambat pukul 20:45 WIB. Kemudian diberangkatkan ke Bandara Soekarno Hatta pada 1 Juli 2022 pukul 14:30 WIB. Pemeriksaan imigrasi akan dilakukan sekitar pukul 14:00 WIB, dan kemudian take off dari Bandara Soekarno Hatta menuju Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

Baca Juga : Tuntutan RKUHP Tak Ditanggapi, Pekan Depan Mahasiswa UI Ancam Demo Besar-besaran

“Untuk keberangkatannya kami menggunakan pesawat Saudia Airlines dengan nomor penerbangan SV.5137. Alhamdulillah seluruh jamaah haji Kota Depok dengan total sebanyak 776 orang insha allah akan berangkat semua,” ungkap Asnawi.

Perihal keberangkatan dua kloter jamaah haji yang lalu, Asnawi mengungkapkan, informasi terakhir yang dirinya dapatkan semuanya dalam keadaan sehat walafiat. Pesan dia dari Kementerian Kota Depok beserta seluruh masyarakat Kota Depok. Agar peserta yang berangkat haji selalu dapat menjaga nama baik jamaah haji Kota Depok. “Insha allah dan mudah-mudahan yang melaksanakan haji dapat memperoleh haji yang mabrur,” ucapnya kepada Harian Radar Depok, Kamis (30/6).

Perihal antrean haji Kota Depok, Asnawi mengungkapkan, bagi haji di Kota Depok yang mendaftar tahun ini atau hari ini, harus menunggu keberangkatan hajinya kisaran 25-26 tahun mendatang. “Hal ini dikarenakan waiting listnya sudah 40 ribu jamaah lebih yang belum berangkat, dan yang mendaftar dari akhir tahun 2012 sampai tahun 2022,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono mengatakan, Pemerintah Kota Depok turut mendoakan kepada jamaah haji yang berangkat, ibadahnya dapat diterima. “Kami selalu berharap mereka berada dalam keadaan sehat. Sehingga bisa melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji dan kembali ke Indonesia dalam keadaan sehat, serta bisa bertemu bersama keluarga kembali,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Imam menitip pesan kepada masyarakat yang menunaikan ibadah haji, agar tetap selalu menjaga kesehatannya. Imam berharap, bagi yang menunaikan haji agar tidak membuang tenaganya secara berlebih. Agar kesehatan terjaga, dan jangan lupa makan, memang lidah orang Indonesia dengan lidah orang Arab berbeda, walau kemungkinan nantinya beberapa jamaah tidak suka makanannya. “Setidaknya harus selalu makan, karena makan itu penting untuk kesehatan,” tutupnya. (cr2/rd)

Jurnalis : Aldy Rama

Editor : Fahmi Akbar