MIRIP AMAZON : Nuansa alam dan keindahannnya yang luar biasa membuat Kali Maron kerap disandingkan dengan destinasi-destinasi wisata unggulan di kawasan Asia Tenggara. INSTAGRAM seasia.co/asrul-ashadi
yamaha-nmax

RADARDERPOK.COM – Jika selama ini Sahabat Radar Depok lebih sering liburan ke laut dan pantai untuk sekadar refreshing atau bermain air. Mungkin menyusuri destinasi wisata sungai di Indonesia menjadi pilihan baru.

Yups, wisata sungai menjadi salah satu opsi liburan anti-mainstream yang sayang dilewatkan. Tidak hanya sekadar melamun dan menenangkan pikiran, saat ini banyak destinasi wisata sungai di Indonesia yang menawarkan wisata minat khusus yang menarik dicoba, seperti arung jeram atau rafting.

Dilansir dari laman Kemenparekraf, coba pengalaman baru di enam destinasi wisata sungai di Indonesia yang menarik dijelajahi:

Sungai Mahakam

Destinasi wisata sungai di Indonesia yang pertama dan menjadi incaran wisatawan adalah Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Menjadi sungai sungai terpanjang kedua di Indonesia, Sungai Mahakam menawarkan pengalaman liburan di sungai yang menyenangkan.

Sungai sepanjang 920 kilometer ini merupakan rumah bagi hewan langka, yaitu lumba-lumba air tawar atau dikenal dengan Pesut Mahakam. Selain itu, Sobat Parekraf bisa bertemu langsung dengan raja udang, burung enggang, bangau, lutung, hingga berang-berang di Sungai Mahakam.

Baca Juga  Julid di Nobby hingga 50 Persen

Sungai Asahan

Bisa dibilang, Sungai Asahan menjadi salah satu primadona destinasi wisata di Sumatera Utara. Tidak hanya menjadi destinasi wisata andalan wisatawan lokal, Sungai Asahan juga menjadi incaran pecinta wisata arung jeram karena termasuk wisata spot arung jeram terbaik ketiga di dunia.

Bagi yang masih pemula jangan khawatir, karena Sungai Asahan memiliki beberapa spot dan level jeram yang bisa dipilih. Sambil bermain arung jeram, di sana akan disuguhi dengan pemandangan tebing dan air terjun yang indah.

Sungai Maron

Berikutnya adalah Sungai Maron, salah satu destinasi wisata sungai di Indonesia yang hampir tidak pernah sepi pengunjung. Pasalnya sungai yang terletak di Pacitan, Jawa Timur ini menawarkan pemandangan dan suasana layaknya di Sungai Amazon.

Meski harus melewati medan yang cukup menanjak dan curam, so pasti tidak akan menyesal ke sini. Karena akan disambut dengan pemandangan air Sungai Maron berwarna hijau kebiruan, dan dikelilingi oleh pepohonan rindang yang asri.

Baca Juga  Kini Naik Pesawat Tidak Perlu Antigen, Jangan Lengah Jika Ada yang Batuk

Sungai Ayung

Selain pantai, Bali juga memiliki destinasi wisata sungai yang menarik disusuri, yaitu Sungai Ayung. Sungai terpanjang di Bali yang berlokasi di Kedewatan Ubud ini dikenal sebagai tempat arung jeram yang menurut ‘Skala Kesulitan Sungai Internasional’ dengan enam tingkat kesulitan.

Di Sungai Ayung kamu akan dibuat kagum dengan airnya jernih, udara sejuk, dan pemandangan indah. Saking indahnya, panjang arung jeram di Sungai Ayung yang mencapai 10 kilometer terasa sangat ringan dan lebih menyenangkan.

Sungai Cukang Taneuh

Destinasi wisata sungai di Indonesia yang tidak kalah menarik untuk dijelajahi berikutnya ada di Kabupaten Pangandaran, yaitu Sungai Cukang Taneuh atau lebih populer dikenal Green Canyon. Dalam bahasa setempat, Cukang Taneuh berarti “Jembatan Tanah”. Pemilihan nama ini berdasar pada jembatan alami yang berasal dari tanah dan melintang di atas Sungai Cijulang.

Baca Juga  Merdeka Itu Ekspresikan Kreativitas Diri

Salah satu aktivitas yang menarik dicoba di Sungai Cukang Taneuh adalah naik perahu sambil telusur Sungai Cijulang. Sepanjang perjalanan, Sobat Parekraf akan dibuat kagum dengan keindahan alam yang masih alami, dan melintasi gua yang dipenuhi stalaktit dan stalakmit.

Sungai Musi

Satu lagi destinasi wisata sungai di Indonesia yang sangat populer, yakni Sungai Musi, Palembang. Mendapat gelar sebagai sungai terpanjang di Sumatera, Sungai Musi menawarkan aktivitas serta pengalaman berlibur yang menyenangkan dan tidak terlupakan.

Saat mengunjungi Sungai Musi jangan lupa sempatkan waktu mampir ke Pulau Kemaro yang lokasinya berada di tengah Sungai Musi. Di Pulau Kemaro Sobat Parekraf bisa mengunjungi berbagai objek wisata yang menarik, seperti Pagoda, Klenteng Hok Tjing Rio, atau Pohon Cinta.

Itulah beberapa rekomendasi destinasi wisata sungai di Indonesia yang menarik dikunjungi. Selamat berlibur Sahabat Radar Depok. (rd)

Sumber : Menparekraf