yamaha-nmax
RADARDEPOK.COM – Sejumlah warga Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos Kota Depok, bahu-membahu padamkan api di kelurahan. Puluhan warga yang merupakan perwakilan berbagai unsur ternyata sedang mengikuti Pelatihan Peningkatan Kualitas Layanan Bencana (PPKLB), Rabu (10/8).
Lurah Jatijajar, Mujahidin mengatakan Pelatihan Peningkatan Kualitas Layanan Bencana yang diadakan di kantor Kelurahan Jatijajar ini menghadirkan narasumber dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok.
“Peserta Pelatihan Peningkatan Kualitas Layanan Bencana mendapatkan pelatihan mengenai cara memadamkan api atau kebakaran, baik secara teori maupun praktek langsung menggunakan alat sederhana berupa karung basah dan alat pemadam api ringan (APAR),” ujarnya.
Lanjutnya, dalam penggunaan APAR, peserta diajarkan mulai dari cara membuka segel dan memegang selang APAR. Langkah selanjutnya sama dengan menggunakan karung basah, yaitu mendekati titik api berlawanan dengan arah jilatan api.
“Kemudian, dari jarak tidak terlalu jauh sekitar 3 meter semprotkan APAR di atas api. Karena jika langsung ke titip api dapat menyebabkan kobaran api membesar,” ucapnya.
Mujahidin menyampaikan, pelatihan ini diperlukan agar masyarakat memahami tindakan apa yang perlu dilakukan saat pertama kali kejadian kebakaran atau munculnya api.
“Minimal warga yang menjadi peserta memahami cara mengantisipasi terjadinya kebakaran sedini mungkin, sejak munculnya api sebelum membesar,” ungkap.
Hal ini, berguna untuk mencegah bahaya kebakaran yang lebih besar, sehingga dapat meminimalisasi dampak kerugian yang ditimbulkan.
“Kelurahan Jatijajar juga akan membagikan APAR kepada Posyandu, posbindu, RT, dan masjid. Untuk RW, sebelumnya sudah dibagikan,” pungkasnya.(ana/rd)
Jurnalis : Andika Eka 
Editor : Fahmi Akbar