SUKSES : Suasana Festival Depok Keren Ratu Jaya yang berlangsung di Taman Kelurahan berjalan sukses dalam membangkitkan UMKM dan melestarikan Seni Budaya, Jumat (12/8). RESA PRANATA/RADAR DEPOK
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM, RATUJAYA – Festival Depok Keren yang digarap Kelurahan Ratu Jaya, Kecamatan Cipayung, memberikan ruang bagi seluruh masyarakat, mulai dari UMKM, kreasi anak, hingga melestarikan budaya.

Pernyataan ini secara langsung disampaikan Lurah Ratu Jaya, Ahmad Soma kepada Radar Depok di Taman Kelurahan yang menjadi lokasi pagelaran Festival Depok Keren, Jumat (12/8).

“Kami mau bersilaturahmi sambil memberikan ruang masyarakat yang bergerak di setiap bidang untuk saling unjuk kemampuan secara positif dan berkolaborasi satu dengan yang lain,” ungkapnya.

Festival akan berlangsung selama dua hari, dari tanggal 12 sampai 13 Agustus 2022. Akan ada banyak kegiatan, seperti saran untuk kreasi anak anak mulai dari usia lima tahun sampai lima puluh tahun dengan menggunakan baju adat.

Ia menyampaikan , pihaknya memberikan semangat bagi UMKM dengan memberikan bantuan dalam meningkatkan perekonomian. Tak hanya itu, keterlibatan Kelompok Wanita Tani (KWT) di Ratu Jaya juga memeriahkan Festival ini.

SUKSES : Suasana Festival Depok Keren Ratu Jaya yang berlangsung di Taman Kelurahan berjalan sukses dalam membangkitkan UMKM dan melestarikan Seni Budaya, Jumat (12/8). RESA PRANATA/RADAR DEPOK

Dilokasi yang sama, Ketua Asosiasi UMKM Kota Depok, Rudi Murodi menjelaskan, kegiatan Seni, Budaya, dan Ekonomi sangat baik, sebab banyak potensi yang bermunculan, terutama UMKM.

“Saya sangat setuju ada kegiatan ini agar mengembangkan potensi masyarakat yang sangat bagus hingga bisa ditingkatkan lebih tinggi,” ungkapnya.

Dilanjutkannya, dengan hal ini bisa memberi pembelajaran atau peluang buat UMKM agar mengerti penjualan dengan secara langsung kerena pembeli bisa melihat langsung penjualannya atau mencobain atau kebersaman.

Rudi menegaskan, bahwa  UMKM ini adalah salah satu komunitas yang paling kuat kerena tidak perlu modal besar dan beda dengan perusahan besar. Karena ketika terjatuh usahanya, bisa bangkit kembali. Salah satu contohnya dengan biaya lima ratus ribu rupiya bisa membuka UMKM.

“Kita di UMKM Kota akan selalu membina agar menjadi lebih unggul, mulai dari sajian dan kemasan sehingga memiliki kualitas produk lebih unggul,” tegasnya.

Dilokasi yang sama, Sekretaris Camat, Ahmad Rivai menuturkan, bahwa adanya kegiatan UMKM khususnya di kelurahan Ratujaya Kecamatan Cipayung dari tahun ke tahun bisa meningkat dari segi pendapatan.

“Kami Kecamatan sangat setuju ada kegiatan Festival Depok Keren yang diadakan saat ini, biar bisa membantu masyarakat di lingkungan Ratu Jaya. Agar bisa di kenal secara luas,” elas Rivai

Tentunya, Kata Rivai ini dapat menjadi motivasi seluruh masyarakat agar lebih penuh inovatif, dan bisa menjadi percontohan bagi kelurahan lainnya.

“Ini sangat baik untuk membangun gairah masyarakat setelah dua tahun mengalami pandemi,” tandasnya. (mg1)

Jurnalis : Resa Pranata

Editor : Arnet Kelmanutu