SOSIALISASI : Penyuluhan mengenai penguatan Pokja Kampung KB oleh Aparatur Kelurahan Pondok Petir, di aula lantai dua kantor kelurahan sementara yang berada di Jalan Serua Bulak, Gang Yayasan. ALDY RAMA/RADAR DEPOK
yamaha-nmax

Wawasan dan pembinaan dilakukan Aparatur Kelurahan Pondok Petir dengan malakukan sosialisasi dan penyuluhan terkait penguatan Kelompok Kerja (Pokja) Kampung Keluarga Berencana (KB). Penyuluhan diberikan kepada 25 peserta sebagai perwakilan Kampung KB RW02 dan RW12.

Laporan : Aldy Rama

RADARDEPOK.COM – Derap Langkah kaki para peserta mulai berdatangan tepat pukul 09:00 WIB menuju aula lantai dua Kantor Kelurahan Pondok Petir sementara yang berada di Jalan Serua Bulak, Gang Yayasan, kelurahan sementara. Semua peserta yang hadir merupakan perwakilan dari warga Kampung KB RW02 dan RW12 Pondok Petir.

Semua peserta yang terlihat begitu antusias tertampak dari segi tatapannya, mereka yang sangat memperhatikan penyuluhan yang diberikan dari dua pembicara yang hadir, pembicara yang hadir merupakan Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Kecamatan Bojongsari, yakni Retno Wulandari dan Fina.

Peserta yang didominasi oleh ibu-ibu yang ada di Kampung KB RW02 dan RW12 ini begitu antusias memperhatikan, ajuan pertanyaan pun kerap kali dilayangkan oleh peserta, tentunya hal ini membuktikan bahwa peserta ingin mendalami pentingnya KB itu sendiri.

Sosialiasi yang bergelar terbilang begitu lancar. Pasalnya, peserta yang hadir tidak hanya memperhatikan saja, mereka turut memberikan respons yang sangat baik dari pembicara ketika memberikan pertanyaan yang dijawab dengan baik oleh para peserta.

Dalam sosialisasi penguatan Pokja Kampung KB yang bergelar, turut hadir Kepala Seksi (Kasi) Kemasyarakatan Pondok Petir, Yuli Lestari yang mengatakan, inti dari kegiatan penyuluhan atau sosialisasi ini untuk peningkatan wawasan untuk Kampung KB RW02 dan RW12.

“Hal ini tentunya dilakukan untuk menguatkan peserta Kampung KB yang hadir, penyuluhan yang diberikan tentunya untuk pemahaman bagi peserta terkait Kampung KB dan fungsi-fungsinya,” ucap Yuli dengan tegas.

Kemudian, dengan adanya sosialisasi dan penyuluhan yang dilakukan Aparatur Kelurahan Pondok Petir ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada warganya terkait delapan fungsi Kampung KB, guna menekan angka kelahiran yang membludak dan penyetaraan kualitas dalam lingkup keluarga maupun lingkungan sekitar.

“Untuk delapan fungsi Kampung KB sendiri diantaranya adalah fungsi keagamaan, sosial budaya, cinta kasih, reproduksi dan lain sebagainya, dan Alhamdulillah warga yang hadir begitu memperhatikan dengan baik sehingga sosialisasi dan penyuluhan yang dilakukan begitu lancar serta kondusif,” demikian Yuli. (*)

Jurnalis : Aldy Rama
Editor : Ricky Juliansyah