JUMAT BAROKAH : ‘Tahfidz Al-Qur’an Khairukum’ saat makan bersama di ‘Kantin Berkah’ Az-Zikra dalam rangka Jumat Barokah di Jalan Villa Rizki Ilhami, Blok RC/20, RT5/14, Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan Kota Depok, Jumat (12/8). ALDY RAMA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM – Sebanyak 40 santriwati Tahfidz Al-Qur’an Khairukum, diajak makan bersama diJumat Barokah yang disediakan Kantin Berkah Az-Zikra, Jalan Villa Rizki Ilhami, Blok RC/20, RT5/14, Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan Kota Depok.

Bukan hanya hari Jumat saja, melainkan kegiatan ini rutin dilakukan setiap hari. Namun, untuk hari biasa masyarakat hanya perlu membayar Rp5.000. Jumat nya, masyarakat umum hanya membayar secara suka-suka.

Baca Juga : Prediksi Susunan Pemain Timnas U-16 Indonesia vs Vietnam Malam Ini

“Kegiatan Jumat barokah dengan menyediakan makan bayar suka-suka ini dilakukan bukan hanya pertama kali ini saja, melainkan sudah berjalan selama satu bulan, tepatnya pada satu Juli,” ucap Pemilik Kantin Berkah Az-Zikra, Tunggul Widodo kepada Radar Depok, Jumat (12/8).

Tunggul mengungkapkan, sebenarnya kegiatan ini rutin dilakukan setiap hari, yang diperuntukkan untuk orang-orang yang mencari nafkah dan anak-anak sekolah dengan membayar Rp5.000. Khusus hari Jumat, Kantin Berkah Az-Zikra selalu menyediakan makanan untuk umum dengan membayar suka-suka.

Baca Juga  Jadi DPO, KPK Rilis Ciri-ciri Mardani H Maming

“Nama Az-Zikra diambil dari nama anak saya yang kedua, dan ide untuk berbagi kepada sesama yang dilakukan ini merupakan ide dari anak saya sendiri, dan tentunya saya sangat bersyukur memiliki anak yang turut memberi perhatian lebih kepada masyarakat,” ungkap Tunggul kepada Radar Depok, Jumat (12/8).

Tunggul mengatakan, dalam kegiatan Jumat barokah ini, ia turut menghadirkan santriwati ‘Tahfidz Al-Qur’an Khairukum’ yang ada di Villa Rizki Ilhami sebanyak 40 orang dengan menggelar makan bersama, yang diundang dengan sosialisasi secara langsung. Dalam kegiatan makan bersama ini, santriwati yang hadir tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis. Namun, bagi masyarakat umum yang membeli, mereka hanya perlu membayar secara suka-suka.

Baca Juga  Unggul di 10 Provinsi, PAN Pede Sambut 2019

“Untuk makanan yang tersedia, terdapat berbagai macam lauk-pauk, untuk nasi nya kami sediakan nasi kuning, karena nasi kuning identik dengan nasi barokah, yang biasanya digelar dalam acara syukuran, seperti nasi tumpeng dalam acara syukuran,” terangnya.

Lanjutnya, nasi kuning dihadirkan karena sudah menjadi kebiasaan orang Indoneia saat mengadakan acara syurkuran. Karenanya, nasi kuning menjadi andalannya untuk berbagi kepada sesama, terutama masyarakat sekitar.

“Saya pun tidak mendanai kegiatan ini sendirian, terdapat juga dermawan atau donator tetap dari luar kota maupun dalam kota, yang biasanya membantu untuk melancarkan kegiatan ‘Kantin Berkah’ Az-Zikra yang diadakan setiap Jumat ini, anjuran untuk mengundang para ‘Tahfidz Al-Qur’an Khairukum’ merupakan saran dari mereka, kami hanya menjalankan amanah dari mereka untuk mengundang santriwati trersebut,” jelasnya.

Baca Juga  Ratusan Guru Ikuti Pasanggiri Basa-Seni Sunda

Tunggul menerengkan, ia bersama santriwati lainnya menggelar makan bersama, diawali dengan doa bersama yang dimulai pukul 07:00 WIB.

“Alhamudlillah santriwati yang hadir sangat antusias, bahkan pada pukul 06:30 WIB pun mereka sudah datang mengantre untuk menghadiri makan bersama,” jelasnya.

Kemudian, ucap Tunggul, acara yang berjalan cukup lancar, ia sangat merasa senang ketika santriwati yang hadir begitu lahap menikmati hidangan yang disediakan.

“Tentunya saya sangat senang ketika melihat mereka dengan lahapnya menyantap hidangan yang ada. Rencana selanjutnya, jika memang Allah memberikan rezeki atau memberikan jalan, tentunya kami menginginkan menyebarluaskan kebaikan ini terutama di Kota Depok,” tutupnya. (ama/rd)

Jurnalis : Aldy Rama

Editor : Fahmi Akbar