OLAH TKP : Komnas HAM saat melakukan pengecekan di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo, di Komplek Polri Duren Tiga, Jalan Duren Tiga Barat, RT4/1, Kelurahan Duren Tiga, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (15/8). ALDY RAMA/RADAR DEPOK
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM – Pengungkapan peristiwa pembunuhan Brigadir J yang sesungguhnya di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo, tak lama akan selesai. Senin (15/8), giliran Komnas HAM mengecek kebenaran data yang dimilikinya, di Komplek Polri Duren Tiga, Jalan Duren Tiga Barat, RT4/1, Kelurahan Duren Tiga, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan.

Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam mengatakan, timnya akan mengecek Tempat Kejadian Perkara (TKP) terkait data-data yang sudah ia peroleh. Dari balistik, otopsi jenazah, maupun dari konstruksi bangunan yang ada. Akan ada cek satu persatu berdasarkan keterangan dari ajudan, Sambo, dan bukti-bukti yang lain.

Baca Juga : Dinilai Menghalang-halangi, Putri Berpeluang Susul Irjen Sambo

“Intinya semua yang terkait dengan peristiwa yang ada akan kami cek seluruhnya, berdasarkan foto-foto, berdasarkan keterangan, dan berdasarkan info-info yang lain akan kami, termasuk jumlah tembakan dan lain sebagainya,” ucapnya kepada Radar Depok, Senin (15/8).

Anam mengatakan, sebelumnya mendapatkan beberapa foto lacakan lewat cyber, dan ia melakukan pengecekan terhadap foto tersebut tentang kebenarannya di TKP, ternyata dari hasil foto tersebut sesuai dengan apa yang ditemukan di TKP.

“Terkait dengan posisi jenazah, lubang-lubang tembakan yang sudah kami cek, semua nya sesuai dengan data yang kami punya, dan dari sudut tembakan tadi juga sudah jelaskan. Artinya, hasil yang kami temukan belum bisa kami umumkan sekarang. Obstruction of justice sejak awal kami katakan ada indikasi kuat,” jelasnya.

Kemudian, ucap Anam, proses pengecekan yang dilakukan membuat peristiwa yang terjadi semakin terang, saat ini juga terdapat tim di Bareskrim yang meminta keterangan dari Bharada E.

“Untuk kedepannya, mulai besok sampai pekan ini Komnas HAM akan menyusun temuan-temuan kami terkait konstruksi peristiwa nya seperti apa, intinya dalam pekan ini kami menyiapkan draft yang nantinya akan didiskusikan secara mendalam dan menyiapkan sejumlah rekomendasi yang  dibutuhkan segera,” tutupnya.

Selain Komisioner Komnas Ham, Choirul Anam, hadir pula Komjen Agung Budi Maryoto, Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Dedi Prasetyo, Kompolnas Benny Josua Mamoto saat pengecekan peristiwa yang terjadi di Rumah Dinas Irjen Ferdy Sambo.(ama/rd)

Jurnalis : Aldy Rama 

Editor : Fahmi Akbar