Ridwan kamil Bonge Rawa Kalong
SITU RAWA KALONG: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan fashion show bersama Bonge Citayam Fashion Week di area Situ Rawa Kalong Kota Depok yang baru saja diresmikannya, Jumat (5/8). FOTO: IST/NET
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM – Setelah revitalisasi yang menelan anggaran Rp21,6 miliar, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meresmikan Situ Rawa Kalong di Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, (5/8).

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Novi Anggriani berharap agar situ-situ yang lain di Kota Depok mendapat perhatian, seperti halnya Situ Rawa Kalong.

“Tidak memiliki sumber daya alam untuk di kelola. Namun, ada salah satu potensi yang dapat dikembangkan, yakni situ untuk destinasi wisata air. Di Depok sendiri ada sekitar 23 situ,” tutur Novi Anggriani kepada Radar Depok, Senin (8/8).

Menurut Novi Anggriani, setelah mendapat intervensi anggaran dari Pemprov Jabar, kini Rawa Kalong menjadi tempat favorit warga Depok untuk rekreasi dengan sejumlah fasilitas, di antaranya gedung aula, floating deck, vertical garden, taman lansia, pedestrian, area UMKM, juga terdapat alun-alun kecil yang mengapung di atas air.

“Jadi saya sebagai warga Depok berharap agar situ-situ lainnya yang ada di Depok juga bisa dilakukan revitalisasi, agar seperti Situ Rawa Kalong,” harap Novi Anggriani.

Dengan begitu, pemerhati perempuan dan anak asal Depok ini melanjutkan, untuk rekreasi warga Depok tidak perlu keluar kota. Bahkan, dapat menarik wisatawan domestik.

“Output-nya, tidak hanya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kota Depok, tapi perekonomian di sekitar Situ Rawa Kalong dan situ-situ lainnya dapat meningkat,” ujarnya.

Dari sini, lebih lanjut Novi Anggriani mengatakan, pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang dibina Pemkot dapat lokasi pemasarannya.

Hal ini, kata dia, juga dapat mendukung program mencetak 5.000 pengusaha baru dan 1.000 perempuan pengusaha yang menjadi salah satu janji kampanye pasangan Walikota Mohammad Idris dan Wakil Walikota Imam Budi Hartono pada Pilkada 2020 kemarin.

“Jadi sudah jelas tujuannya, tinggal bagaimana merancang program yang berkesinambungan, revitalisasi dari Pemprov atau pemerintah pusat, dan untuk meramaikannya ada UMKM,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Novi Anggriani pun mengucapkan terima kasih dan apresiasi terhadap Ridwan Kamil yang telah merealisasikan janjinya untuk menata Situ Rawa Kalong.

“Situ Rawa Kalong sudah ditata sedemikian indah dan memiliki fasilitas lengkap, tinggal bagaimana warga Depok, dalam hal ini Pemkot dan Pokdarwis di sana memeliharanya. Selain itu, kita juga berharap situ-situ lainnya, bahkan sungai-sungai di Depok juga bisa dijadikan destinasi wisata,” ucap Novi Anggriani. (cky)

Editor : Ricky Juliansyah