PEMBUKAAN : Warek III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UP, Joko Hartanto, Pengurus Pusat Keluarga Alumni Universitas Pancasila (PP KAUP) dan panitia saat membuka Pancasila Expo 2022 di Kampus UP, Jalan Lenteng Agung Raya, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Jumat (12/08).
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM – Dunia dihantam badai pandemi Covid-19 lebih dari tiga tahun. Multi sektor pun terkena imbas, termasuk sektor ekonomi. Karenanya, sebagai momentum bangkitnya ekonomi paska pandemi Covid-19, Pengurus Pusat Keluarga Alumni Universitas Pancasila (PP KAUP) mengelar Pancasila Expo 2022 pada 12-14 Agustus.

Tidak tanggung-tanggung, 250 pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menangah (UMKM) turut meramaikan agenda yang dihelat Kampus Universitas Pancasila, Jalan Lenteng Agung Raya, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UP, Joko Hartanto mewakili Rektor UP karena berhalangan hadir mengapresiasi kepada panitia dan seluruh alumni yang mendukung acara akbar ini.

“Mewakili pak rektor, kami berterima kasih kepada seluruh sponsor yang telah mendukung acara ini dalam rangka meningkatkan ekonomi paska Covid-19. Pak rektor pun sangat mendukung dan berpesan, jika even ini bisa diselenggarakan tiap tahun,” ujar Joko kepada Radar Depok.

Dia mengungkapkan, landasan even tersebut didasari pandemi Covid-19 yang berkepanjangan yang membawa situasi ekonomi yang kurang baik, terutama di Indonesia, di mana pembelanjaan agak kurang.

“Untuk itu, kami berupaya sedikit membantu pemerintah dengan menyelenggarakan expo ini. Harapannya, kami dapat memberikan wadah pelaku UMKM untuk membuat kegiatan di sini,” tutur Joko.

Joko mengungkapkan, 250 stan UMKM yang terlibat berasal dari Jabodetabek, bahkan ada yang dari Bali. Hal ini menunjukan antusias pelaku UMKM untuk bangkit sangat tinggi. Bahkan, dari catatan panitia, masih ada 100 UMKM yang waiting list.

“Kuotanya 250 stan, tapi yang daftar lebih banyak. Ketika saya keliling ke tiap stan UMKM, alhamdulillah mereka senang, banyak yang laku. Sebenarnya hari pertama ini belum puncak ramainya, mungkin besok akan lebih ramai lagi,” ucap Joko.

Pengurus Pusat Keluarga Alumni Universits Pancasila (PP KAUP) menggelar Pancasila Expo 2022 pada 12-14 Agustus 2022 di Universitas Pancasila, Jalan Lenteng Agung Raya, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Jumat (13/08).

Sementara, Ketua Pelaksana, Revie Arif Rianto mengatakan, acara ini diselenggarakan dalam rangka menyambut HUT ke-77 Republik Indonesia (RI), sekaligus sebagai momentum bangkitnya ekonomi pasca pandemi covid-19 yang telah melanda dunia dalam waktu lebih dari 3 tahun, termasuk Indonesia. Selama tiga hari berturut-turut Pancasila Expo 2022 menghadirkan berbagai rangkaian acara.

“Saya ucapkan terimakasih atas dukungan yang diberikan UMKM serta komunitas dari berbagai lini dan juga sponsor yang memberikan dukungan terhadap acara ini yang akan berlangsung selama 3 hari berturut-turut,” kata Revie.

Di lokasi yang sama, Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Keluarga Alumni Universitas Pancasila (PP KAUP), Muhamad Achsan mewakili Ketua Umum mengapresiasi acara ini yang merupakan momentum silaturahmi bagi para alumni serta turut membantu membangkitkan perekonomian.

“Alumni Universitas Pancasila memikirkan belum tumbuhnya perekonomian Indonesia setelah di landa pandemi Covid-19. Karena, banyak alumni UP di bidang UMKM yang menjerit dan memberikan informasi kepada kami untuk tolong dibantu. Akhirnya, kami komunikasikan acara kami ke pihak rektorat dan alhamdulillah rektorat sangat mendukung dan hari ini terjadi,” kata Achsan.

Adapun rangkaian acara meliputi bazar dengan melibatkan 250 pelaku UMKM, seminar/workshop UMKM mengenai pemodalan Kredit Usaha Rakyat (KUR), legalitas usaha, serta hak cipta dengan menghadirkan pembicara dari bank mandiri, DJKI (Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual), dan Pertamina.

Kemudian, kompetisi esport bekerja sama dengan Batgame di game Free Fire dan Point yang akan terbagi menjadi 42 tim, serta dimeriahkan dengan adanya kompetisi cosplay & costreet.

Selain UMKM dan kompetisi e-sport, event ini menghadirkan pelayanan jasa berupa pembuatan dan perpanjangan paspor yang bekerja sama dengan Imigrasi Kota Depok dan juga pengurusan legalitas perusahaan perorangan uang bekerja sama dengan Kemenkumham dengan biaya yang terjangkau.

Selanjutnya, donor darah dan vaksin bekerja sama dengan PMI Kota Tangerang, pameran otomotif menghadirkan komunitas mobil dan motor klasik dari komunitas alumni dan juga komunitas mobil dan motor se-Jabodetabek

Ada juga Kompetisi Ilmiah Pancasila Expo 2022 yang diikuti Perguruan Tinggi se-Indonesia dengan tema ‘Peran Generasi Muda Menuju Indonesia Emas 2045’, juga ada konsultasi arsitektur Rumah Sehat dari alumni Fakultas Teknik Jurusan Arsitektur Universitas Pancasila dan konsultasi hukum dengan 100 advokat dari alumni Fakultas Hukum Universitas Pancasila.

Kemudian, Pesta Rakyat juga digelar untuk memeriahkan event ini dengan menghadirkan kompetisi basket antar SMA serta Festival Musik dari 10 SMA/sederajat se-Jabodetabek. Selanjutnya, Kompetisi khusus alumni berupa lomba karaoke yang diikuti lebih dari 25 alumni Universitas Pancasila, Fun bike 300 peserta, dan turut menghadirkan Reza Artamevia sebagai guest star di puncak acara dan berbagai pengisi band alumni Universitas Pancasila Pancasila Expo 2022. (cky)

Editor : Ricky Juliansyah