yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM – Timnas U16 Indonesia mesti meladeni Myanmar dalam laga semifinal Piala AFF U16 2022, di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (10/8) pukul 20:00 WIB. Garuda muda mendapatkan rangkaian hasil positif. Indonesia tampil meyakinkan sepanjang fase grup dengan menuai 9 angka sempurna dari 3 laga Grup A. Setelah menyikat Filipina dan Singapura, tim asuhan Bima Sakti bisa menundukkan Vietnam dengan skor 2-1.

Sementara itu, Myanmar U16 mampu menjadi juara Grup C dengan koleksi 7 poin. Myanmar U16 mampu menyingkirkan tim kuat Australia, menumbangkan Kamboja, dan bermain imbang dengan Malaysia yang akhirnya gagal lolos ke semifinal AFF U16 2022.

Baca Juga : Pakar Kriminolog Adrianus : Skenario Ferdy Sambo agar Terbebas dari Hukuman

Wajar jika Garuda Asia lebih diunggulkan dalam prediksi Timnas U16 Indonesia vs Myanmar. Catatan 3 kemenangan dari 3 laga Grup A menunjukkan solidnya tim asuhan Bima Sakti. Dalam prosesnya, Garuda Asia juga terbukti sangat tajam, mencetak 13 gol, atau yang terbanyak di antara peserta Piala AFF U16 2022.

Namun, pelatih Bima Sakti mengingatkan, anak asuhnya agar tidak besar kepala. Partai semifinal AFF U16 2022 tidak akan mudah. Mental akan diuji karena nasib tim akan ditentukan hanya dalam satu pertandingan. Pendekatan yang tepat bisa vital bagi skuad Indonesia saat melawan Myanmar agar para pemain Garuda Asia tidak larut dalam euforia.

“Saya pikir ini akan jadi pelajaran bagus bagi pemain. Kami sebagai pelatih dan ofisial sudah memberikan pelajaran pada mereka,” kata Bima Sakti.

Myanmar memastikan tiket lolos ke semifinal usai mengalahkan Kamboja 1-0 di laga penutup Grup C. Hasil tersebut membawa mereka menjadi juara grup. The Asian Lions secara keseluruhan mencetak 5 gol, dan kebobolan 3 kali selama fase grup. Indonesia tentu tidak bisa meremehkan Myanmar. The Asian Lions bisa menaklukkan lawan selevel Australia 3-2 di laga perdana fase grup, meski lawan sempat menyamakan kedudukan 2-2. Artinya, Indonesia harus tetap waspada meski mendapatkan posisi unggulan di laga ini.

“Kepercayaan diri tim kami sangat tinggi berkat keberhasilan di fase grup. Kami sudah siap menghadapi Indonesia. Kami hanya perlu melakukan recovery dengan baik jelang laga nanti,” ucap pelatih Myanmar, Aung Zaw Myo.

Myanmar memang perlu menyoroti kondisi fisik pemainnya. Pasalnya mereka kalah dalam hal waktu istirahat dari Indonesia. Laga semifinal dimainkan pada Rabu (10 Agustus) sedangkan Myanmar baru selesai main di fase grup Senin (8 Agustus). Sebaliknya, laga terakhir Indonesia berlangsung pada Sabtu (6 Agustus).

Keuntungan tersebut tentu dirasakan oleh skuad Indonesia. Bima punya banyak waktu mempersiapkan tim jelang laga ini. Dengan waktu pemulihan yang lebih lama dari lawan, semestinya pemain terbaik seperti Nabil, Muhammad Iqbal Gwijangge, dan Muhammad Riski Afrisal bisa turun berlaga jumpa Myanmar.(tir/rd)

Jadwal :

Rabu, 10 Agustus 2022
Pukul 20:00 WIB
Stadion Maguwoharjo, Sleman
Indosiar

Editor : Fahmi Akbar